TEMPAT WISATA DI SINGAPURA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

14:25:00

Singapura selalu menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh orang Indonesia. Selain banyak promo tiket murah ke Singapura, faktor jarak juga menjadi salah satu alasan banyak orang Indonesia wajib mengunjungi tempat wisata di Singapura. Tempat wisata di Singapura ternyata cukup banyak yang bisa kita kunjungi loh teman-teman. Tidak dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dapat mengunjungi semua tempat wisata di Singapura.

Tempat wisata di Singapura yang akan saya ceritakan sebentar lagi ini merupakan beberapa tempat yang saya kunjungi saat liburan singkat bersama kedua teman saya yang sama-sama belum pernah berwisata ke Singapura. Kami tidak membuat itinerary untuk perjalanan ke Singapura kali ini karena keterbatasan waktu yang kami miliki (alasan aja sih..).

Tempat-tempat wisata di Singapura ini wajib dikunjungi oleh kalian yang baru pertama kali ke Singapura seperti saya dan teman-teman saya. Tidak semuanya gratis, ya paling ga kalian bisa foto-foto di depannya lah ya. Lumayan kan untuk memperindah feed Instagram 😁

1. Merlion Statue

Merlion Statue
Merlion Park

Tempat ini harus jadi yang pertama kalian kunjungi kalau berwisata ke Singapura karena Merlion Statue merupakan ikon kota Singapura. Patung Merlion ini ibarat patung Selamat Datang di Jakarta, yang menyambut wisatawan saat berkunjung ke kotanya.

Sewaktu ke Singapura tahun lalu, saya berjalan kaki dari Footprints Hostel menuju Merlion Park tempat dimana Patung Merlion berada. Menurut google maps sih hanya 2,7 km saja, dan lumayan dekat menurut saya karena saya terbiasa jalan kaki dengan jarak 2-3 km. Kami melewati beberapa tempat saat berjalan kaki seperti War Memorial Park, Suntec City, National Library of Singapore dan Bugis Junction. Sesampainya di Merlion kami sudah capek karena terik matahari Singapura yang sungguh membuat perjalanan kami terasa jauh.

Oh ya, buat foto-foto di depan patung Merlion, kalian ga perlu keluar uang. Cukup bawa kamera dan tumblr Starbucks aja hehehehe. Kalau kepanasan atau kehausan, kalian bisa mampir di Starbucks yang terletak tidak jauh dari patung Merlion.

💡Tips: Kunjungi tempat ini saat tidak banyak wisatawan supaya bisa foto di depan patung Merlion tanpa adanya latar belakang orang-orang di belakang. Dan jangan lupa untuk membawa topi atau payung kalau kalian mengunjungi patung Merlion pada pagi hari.

2. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands, Singapore
Marina Bay Sands

Marina Bay Sands ini merupakan destinasi wisata wajib di Singapura untuk kalian yang menyukai kemewahan. Marina Bay Sands menyediakan hotel dan mall yang paling mewah di Singapura. Harganya? Jangan ditanya… Ya pasti mahal banget hehehe. Kalian pernah nonton film Crazy Rich Asian dan melihat kolam renang di atas gedung hotel yang tinggi banget itu? Nah, itu tuh Marina Bay Sands. Kolam berenangnya panjang banget, sampai 150 meter dan berada di ketinggian 200 meter. Kalau budget traveler seperti saya, cukup deh foto-foto di depannya aja, atau jalan-jalan di pusat perbelanjaannya Marina Bay Sands. Di mall nya juga cukup banyak butik berkelas internasional seperti Channel dan untuk urusan kuliner, banyak juga restoran terkenal seperti Bread Street Kitchen & Bar oleh Gordon Ramsay. Kebayang kan harga satu porsi makannya berapa? 😉

Oh ya, untuk budget traveler jangan sedih. Marina Bay Sands juga menyediakan food court dengan harga terjangkau. Waktu liburan singkat kemarin, saya tidak sengaja bertemu dengan keluarga salah seorang artis Indonesia yang kebetulan sedang liburan di Singapura. Duh, memang kalau di Singapura itu ya dunia terasa sempit banget.

💡Tips: Kalau memang terpaksa banget harus makan siang di food court Marina Bay Sands, sebaiknya hindari makan tepat pas jam 12 karena kalian akan berebut meja dengan orang-orang yang memang ingin makan siang juga di situ. Oh ya, kalau malam hari di Marina Bay Sands ini sering ada pertunjukkan laser gratis lho. Sayang, saya ga sempat melihatnya karena malam kedua di Singapura, saya belanja oleh-oleh di Mustafa.

3. Esplanade (Theatres on Bay)

Esplanade Park Singapore
Esplanade

Untuk tempat yang satu ini, sayangnya ga explore banyak waktu liburan singkat ke Singapura tahun lalu. Saya hanya melihat bentuk gedungnya saja yang agak unik, mirip durian.

Di Esplanade ini sebetulnya sering diadakan pertunjukkan musik, bahkan tidak jarang musisi kelas dunia tampil di sini. Ada pertunjukkan musik yang gratis maupun yang tidak.

💡Tips: Untuk mengetahui jadwal pertunjukkan yang ada di Esplanade ini, kalian bisa cek di situsnya Esplanade www.esplanade.com.

4. Gardens by the Bay

Gardens By the Bay, Singapore
Gardens By the Bay

Dari namanya saja kalian sudah bisa tahulah ya apa yang ada di sini. Yap, ini adalah taman raksasa di Singapura. Luasnya 100 hektar. Kebayang ya gimana capeknya keliling lihat bunga-bunga di Gardens by the Bay. Untuk kalian pecinta bunga dan juga suka foto-foto saya sarankan sih ke sini. Gardens by the Bay ini juga merupakan salah satu tempat syutingnya Crazy Rich Asian. Ingat adegan resepsi pernikahan Collin, temannya Nick? Nah, itu di sini.

Tidak ada uang yang harus kalian keluarkan untuk melihat area outdoor Gardens by the Bay. Kalau kalian mau ke area indoornya barulah kalian perlu mengeluarkan uang. Area indoor Gardens by the Bay itu adalah Cloud Forest, Flower Dome dan Cooled Conservations

💡Tips: Kalau mau mengunjungi area indoornya, pakailah sepatu yang nyaman di kaki dan uang untuk membayar tiket masuknya karena area indoornya itu luas banget. Saya dan teman-teman waktu itu ga sempat mengunjungi area indoornya karena kami harus mengunjungi tempat lain. Tiket masuk ke Gardens by the Bay bisa dibeli onlie juga dari Jakarta lok. Cek myfave.com ya.

5. Universal Studios Singapore (USS)

Sentosa Island
Ke Singapura ga lengkap kalau ga foto di depan sini

Ke Singapura rasanya belum lengkap kalau belum foto depan bola dunia bertuliskan Universal Studios Singapore. Jadi, waktu saya liburan singkat ke Singapura, berfoto depan USS adalah hal yang wajib dilakukan dan tak boleh terlewat. Masa sudah jauh-jauh ke Singapura tapi ga foto depan USS. Kan rugi biaya tiket pesawatnya 😅

Kalau kalian punya budget besar saat jalan-jalan ke Singapura, boleh banget coba masuk ke dalam USS. Di sana banyak banget permainan yang bisa kalian coba loh.

USS ini terletak di Pulau Sentosa. Selain bermain di USS, kalau kalian ada budget lebih dan untuk menginap di Resort World Sentosa atau mengunjungi tempat wisata lain di sini seperti Sea Aquarium, boleh lah dicoba sekali-kali.

💡Tips: Cek harga tiket masuk, wahana dan pertunjukkan apa saja yang ada di USS sebelum kalian mengunjungi Singapura. Terakhir saya cek di www.rwsentosa.com sih harga tiket masuk USS sih sekitar SGD 79 (one day ticket) atau Rp. 819.000,-. Terakhir pakailah baju dan sepatu yang nyaman untuk supaya kaki kalian ga pegal saat berjalan di USS dan tetap kece saat difoto. Tidak disarankan untuk memakai kemeja seperti saya waktu itu 😅 Saya pakai kemeja waktu itu karena sebelum ke USS saya pergi ke gereja dulu.

Oh ya, tiket masuk ke USS bisa dibeli juga di fave loh. Biasanya bundling dengan tempat wisata yang lain. Kita bisa beli di Indonesia dan tinggal tukar voucher yang kita beli sesampainya di Singapura.

6. Little India

Little India, Singapore
Teman Traveling Saya di Little India, Singapura

Nah, tempat ini sebetulnya ga sengaja ditemukan oleh dua teman saya yang harus menunggu saya beribadah di sebuah gereja, di Singapura. Kebetulan hari ini adalah hari Minggu dan saya punya kebiasaan untuk mengunjungi satu gereja lokal di kota yang saya kunjungi. Daripada bosan menunggu saya di hostel, dua teman saya pun akhirnya jalan-jalan dan menemukan Little India. Di kawasan Little India ini kalian bisa bertemu dengan orang India seperti Shah Rukh Khan. Kalian juga bisa membeli sari India ala-ala Bollywood. Selain baju khas India, kalian juga bisa menemukan makanan dan restoran India loh di sini. Harganya ga terlalu mahal sih, dan kalau kalian merasa itu kemahalan bisa kok ditawar.

💡Tips: Tidak semua toko di kawasan Little India ini buka dari pagi hari. Tapi jangan terlalu pagi datangnya seperti teman saya ya. Kalau pun kalian datang kepagia, jangan sedih karena biasanya pembeli pertama mendapatkan harga khusus sama seperti penjual di Pasar Seni Sukawati, Bali. Mereka percaya bahwa pembeli pertama akan membawa keberuntungan bagi pedagang.

7. Bugis Street

Bugis Street, Singapore
Salah Satu Toko di Bugis Street

Bugis Street ini adalah surganya para wisatawan di Singapura untuk membeli oleh-oleh khas Singapura, mulai dari gantungan kunci sampai makanan yang hanya dijual di Singapura. Wisatawan lebih senang ke sini untuk berbelanja karena harganya lebih murah dan pilihannya juga banyak.

💡Tips: Jangan kalap ya kalau belanja di sini. Kalian wajib menyiapkan daftar belanjaan sebelum ke sini supaya budget tetap terkontrol. Kadang-kadang, kita bisa kalap belanja oleh-oleh karena ga ada persiapan apa saja yang harus dibelanjakan dan berpikir selagi berada di sana. Padahal, itu bisa berdampak buruk ke budget perjalanan kita, terutama yang berlibur dengan budget terbatas. Ga semua orang harus kalian kasih oleh-oleh kok 😊

8. Art Science Museum

Museum in Singapore
Ini dia dua teman liburan singkat saya ke Singapura

Museum ini merupakan tempat yang akan saya kunjungi lagi kalau ada waktu kembali ke Singapura. Sedihnya saat tahu antriannya panjang dan saya sempat ga rela gitu karena pengen masuk museumnya. Museum ini terletak di kawasan Marina Bay Sands dan lagi ngehits banget di Instagram hehehe.

💡Tips: Untuk menghindari antrian panjang, belilah tiket masuk secara online. Selain praktis, kalian jadi ga perlu ngantri panjang. Cek di marinabaysands.com untuk harga tiket dan melihat pameran apa saja yang sedang berlangsung.

9. Haji Lane

Mural di Haji Lane, Singapore
Di Depan Tembok Mural

Sebetulnya Haji Lane cuma gang sempit saja sih. Jalanannya juga tidak terlalu panjang, hanya 30 meter saja. Namun, jalanan ini terkenal banget. Lah, kok bisa? Ya, karena suasana artistik dan mural yang ada di sepanjang jalan Haji Lane, makanya wisatawan yang liburan ke Singapura pasti akan berkunjung ke sini. Selain bisa berfoto-foto di depan mural yang ada di sepanjang jalannya, kalian juga bisa nongkrong asik loh di sini. Oh ya, ada juga toko-toko baju untuk kalian yang suka fashion. Kalau saya dan teman-teman sih waktu itu hanya foto-foto saja. Ga sempat mampir ke toko atau restorannya karena waktu terbatas dan cuacanya panas banget.

💡Tips: Terik matahari Singapura itu luar biasa panasnya saat siang hari, jadi sebaiknya kunjungi Haji Lane saat sore hari, di atas jam 4 sore aja ya. Selain menghindari panas yang terlalu terik, kalian juga bisa sekalian makan malam di sini.

10. Mustafa Centre

Mustafa Centre, Singapore
Padatnya Mustafa Centre di Malam Hari

Selain Bugis Street, wisatawan Indonesia sering juga berbelanja di sini. Dari mulai kebutuhan sehari-hari, souvenir untuk oleh-oleh, sampai makanan juga ada di sini. Harganya cenderung lebih murah tapi jangan pusing ya kalau belanja di Mustafa Centre karena lorong tempat perbelanjaannya sempit banget. Ditambah lagi, banyak orang India yang suka berbelanja di sini, ya karena memang letaknya dekat sekali dengan Little India.

Mustafa Centre ini buka sampai tengah malam loh dan tetap rame. Sewaktu saya ke Singapura Juli tahun lalu, saya dan teman-teman berbelanja di Mustafa sekitar pukul 9 malam dan ramenya bukan main.

💡Tips: Kalau kalian ingin membeli banyak barang di sini, usahakan bawa koper kecil ya supaya lebih mudah menyimpan barang belanjaan. Lalu, jika selesai belanjanya tengah malam, kalian bisa naik taksi online, seperti Grab. Perlu diingat bahwa taksi online dan konvensional di Singapura ini harganya agak mahal ya walaupun jarak perjalanan kalian dekat.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Singapura yang wajib kalian kunjungi dan tidak memerlukan budget besar. Kira-kira, tempat mana nih yang menurut kamu paling seru untuk dikunjungi terlebih dahulu? Share di comment section ya!

You Might Also Like

55 comments

1. Artikelnya membantu...ulas donk makanan2 d sana

ReplyDelete
  2. Waahh.. seru banget ya! Ternyata di singapura bisa jalan2 hemat jg!

3. Mupeng nih jadinya ke Singapore kalau makanannya gimana mbak adakah area khusus wisata halal

Replies
    1. ada mba. Tapi waktu itu aku sayangnya ga sempet ke sana. Di arab street sama dekat masjid Sultan mba

Delete
  4. Tahun kemarin saya gagal ke Singapura. Tahun ini belum tahu apakah bisa in schedule kesana. Noted deh semua tips nya. Tentang restoran Gordon Ramsay, bisa gak foto di depan resto nya ajah, hihii

1. next saya akan foto depan restonya ya hehehe

Delete
  5. Terimakasih rekomendasi tempat wisata nya mba. Bisa jadiin referensi nih kl ada rejeki ke singapur 😊

ReplyDelete
  6. Jadi kangen Singapura euy. Semua sudah pernah dijelajahi mba kecuali Art Science Museum. Jadi pengen melancong ke sana lagi apalagi belanja di Lucky Plaza dan Bugis, semoga tahun ini deh :)

Replies
    1. Apa saja mba yang bisa dibeli di Lucky Plaza?

Delete
  7. Tempat wisatanya yang mainstream banget ya sis. Aku knpa blm tertarim ke Singapore ya. Padahal deket dan biayanya murah haha.

Kayaknya mau keliling Indonesia dulu (klo bisa) 😆

1. Iya, maklum aku dan temen2 kan baru ke Singapura hehehe

Delete
  8. Patung merlion dan Marina bay sands wajib dikunjungi secara ikonnya banget itu, oiya garden a by the bay cakep juga yah apalagi klo malam2 :)

Replies
    1. iya. Aku ga sempet lihat pas malam2. Bagus banget ya mba?

Delete
  9. Semuanya ikon banget ya hahaha.
    Ga lengkap rasanya ke Singapura kalau belum foto di depan patun Merlion dan latar Marina Bay Sands hehehe.
    Yang Art Science musium juga kece tuh, meskipun kayaknya sebagian kecil udah ada di Indonesia, kayak di Jatim Park III di Batu hehehe

Di save dulu ah, buat itinerary ke negeri singa tersebut :D

ReplyDelete
  10. Judulnya aja liburan singkat mba, tapi semua dikunjungi aduh mupeng deh, kesana naik umum atau taxi mba untuk keliling

Replies
    1. naik MRT mba. Lebih murah dan cepat juga kok.

Delete
  11. Foto-fotonya bagus banget mba.. seneng deh lihatnya.. Alhamdulillah dari beberapa tempat diatas yang belum saya kunjungi adalah Art Science Museum dan Mustafa center.. InshaAllah next ke Singapore mau main kesana lagi.. dan memang ya Singapore itu negera yang ngga pernah membuat kita bosan untuk mengunjunginya

1. iya mba. Soalnya deket dan mirip2 Indonesia juga kan hehehe

Delete
  12. banyak sekali ya tempat-tempat menarik dan instagramable di Singapura. Semoga ada rezekinya bisa jalan-jalan ke Singapura bersama keluarga :D

Replies
    1. Amin. Kalau jalan2 sekeluarga, paling enak ke Universal Studio mba.

Delete
  13. Pengen dehh Travelling ke mancanegara yang Deket duku ke Singapore contohnya. Bikin ngiler mbk apalagi aku pengen deh berfoto ria di Merlion park:-*

1. Semoga tahun ini kesampean ya mba. Banyak tiket promo ke Singapura kok

Delete
  14. Kalo ke Singapura, gak afdol rasanya kalo gak foto-foto di Merlion Statue yang merupakan ikon kota Singapura yaa :)

ReplyDelete
  15. saya belum pernah ke luar negeri nih. Kalo misal diberi kesempatan ke luar negeri, saya mau berkunjung ke negara-negara yang terdekat dulu seperti Singapura atau Malaysia :)

Replies
    1. Semoga tahun ini bisa ke luar negeri ya mba.

Delete
  16. Bener banget mbak ke Spore belum foto di depan bola raksaksa tuh rasanya gak afdol ya. Aku waktu ke USS datangnya pagi sekali jadi bisa foto di depan bolanya masih kosong gak harus gantian sama pengunjung lain :-D
    Aku kangen ke sana lagi jadinya.

1. wah iya. Aku malah ga kepikiran dateng pagi2 waktu itu mba hehehe

Delete
  17. Waaa...pengen juga ke Singapura... Save itin nya ah.. TFS ya..

ReplyDelete
  18. Garden by the bay dan little india itu seru banget buat pepotoan kece ya mbaa.. singapore biar kecil tapi tempat wisatanya asik-asik semua.

19. Ikon kota Singapura ini pasti banyak dikunjungi wisatawan kan kak? Terus misalnya pengen foto foto gitu memungkinkan ga sih kak?

Replies
    1. memungkinkan kok. Datengnya pagi2 aja mba.

Delete
  20. Ingat Film Crazy Reach hahaha mewah-mewah banget yang ditampilkan. Jadi ini ya no dua tempat mereka tunangan pas ending. Pengen main ke Singapura aamiin moga kesampean

1. iya mba. Amin2. Semoga ada jalan2 blogger ke Singapura gitu ya heheheh

Delete
  21. Waahh noted, kalau ke Singapura emang perlu banget ke tempat2 yang udah jd icon Singapura itu ya mbak? Ibaratnya blm ke Singapura kalau blm ke tempat2 itu hehehe TFS

ReplyDelete
  22. Pas ke singapura dulu sama suami belum ada marina bay sand, jadi nggak foto di depannya heheh (kebayang jadulnya ya) kalau ada rezeki bisa ke sana lagi, pengen deh ke USS sama anak-anak, kangen Mustafa Lane dan Bugis Stree juga

23. huaaa, diantara 10 ini baru no.1 dan 5 yang pernah saya kunjungi saat ke Singapore tahun 2013 lalu Mbak.
    lihat Marina Bay Sands sih dari Marlion ajah, hihihih.
    kami juga waktu itu sempat ke China Town, ini gak masuk destinasi recommended nya Mbak ya? hehehh, padahal harga pernak perniknya juga lumayan murah meriah lho :)

Replies
    1. Aku ga sempet ke China Town karena temen2 ku juga non muslim. Bingung juga kalau makan di situ.

Delete
  24. Ada juga Little India. Kupikir Singapura banyak Chinanya. Ternyata India juga terkenal di sana sampai ada tempat tersendiri. Well kalau jalan2 emang enak pakai pakaian dan sepatu yg nyaman

Replies
    1. iya. Di Singapura dan Malaysia itu ada little India mba.

25. Banyak juga yaa spot menarik di singapur yang bisa dikunjungi

26. Aku palingan ke merlion aja udah seneng wkwkwk

27. Keren-keren nih tempat yang bisa dikunjungi di Singapura. Aku penasaran banget nih dengan jalan Haji Lane yang banyak diperbincangkan setiap kali ada yang habis jalan-jalan ke Singapura ;)

Replies
    1. keren sih muralnya mba. Banyak kafe2 bagus juga.

Delete
  28. Mbak, makasih ya ulasannya. Ini membantu sekali buatku yang kepengen ke Singapore. Semoga bisa ke sana dalam waktu dekat. Aamiin.

Replies
    1. amin. Semoga bisa liburan ke sana juga ya mba.