BELAJAR MENJADI BLOGGER PROFESIONAL DI HIIP ACADEMY #1

22:37:00

Sore itu di sela-sela kesibukan saya bekerja, tidak sengaja saya melihat postingan komunitas blogger perempuan di Instagram. Postingan tersebut berisi informasi workshop untuk blogger maupun content creator yang sedang mengembangkan karir dalam dunia digital. Workshop ini dinamakan hiip Academy #1. Ini merupakan acara perdana diadakan oleh Blogger Perempuan Network yang kini sudah berubah nama menjadi hiip Indonesia


Dok. Blogger Perempuan

Sebelum mendaftar hiip Academy #1, saya sempat mengajak teman satu kantor yang kebetulan senang ngeblog juga. Namun, dia langsung menolak ajakan saya setelah tahu hiip Academy #1 ini tidak gratis melainkan berbayar. Ya sudahlah, memang nasib saya harus datang sendiri. Saya pun memberanikan diri untuk mendaftar. Beruntungnya saya ketika mendapatkan harga spesial karena mendaftar sebelum tanggal 30 Juli 2019.  

Lokasi acara hiip Academy #1 ini tidak terlalu jauh dari rumah saya, tepatnya di CoHive 101, Kuningan. Dibutuhkan hanya sekitar 30 menit untuk naik ojek online dari rumah saya menuju CoHive. Saya memilih datang agak mepet karena saya sebetulnya malas basa-basi dengan peserta lainnya. Maklum, saya ini introvert akut. 

Sesampainya saya di CoHive, saya langsung naik ke lantai 2 dan mencari room 5. Di depan ruangan, panitia siap untuk menyambut para peserta hiip Academy #1. Sebelum masuk ruangan, saya terlebih dahulu mengisi absensi. Lalu, saya diberikan kudapan, buku catatan, dan pulpen.

Dok. Hiip Indonesia

Di dalam ruangan sudah banyak peserta hiip Academy #1 yang terlebih dahulu datang. “Kok rasanya mereka sudah akrab gitu ya?” pikir saya dalam hati. Saya pun memilih duduk di barisan pinggir sebelah kiri. Maklum anak introvert akut. Saya biasanya mengamati lingkungan baru terlebih dahulu, baru bisa memberanikan diri untuk mengenal siapa saja yang ada di dalamnya. 

Tidak lama saya duduk, tiba-tiba seseorang duduk di samping saya, namanya mbak Sandrine. Saya pun memberanikan diri untuk berkenalan dengannya dan mulai berbincang tentang dunia digital. Dari blog pribadi sampai sosial media yang saat ini sedang populer, instagram. Tidak lama sebelum acara dimulai, saya mengajak mbak Sandrine untuk duduk di depan supaya lebih maksimal menerima ilmu hiip Academy #1 dan mendokumentasikan acaranya. Kalau kata mbak Aprijanti, “Posisi Menentukan Prestasi”. 

Dok. Pribadi - Saya dan Mbak Sandrine

Acara pun dimulai…. Mbak Aprijanti selaku MC, menyapa semua peserta hiip Academy #1. Beliau menginformasikan beberapa hal terkait dengan acara hiip Academy #1. Dilanjutkan dengan penjelasan singkat dari mbak Almazia, Co-founder BP Network, tentang hiip Indonesia dan bagaimana hiip Indonesia menghubungkan brand dengan dengan para influencer di Indonesia.

Dok. Hiip Indonesia - Mbak Almazia, Co-Founder BPN Network

Setelah mbak Almazia selesai memberikan penjelasan, sesi pertama pun dimulai. Pembicara pertama pada sesi ini adalah mas Ariev Rahman. Beliau merupakan travel blogger Indonesia yang pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan berkat kerja kerasnya ngeblog sejak tahun 2012. Sejujurnya, Mas Ariev ini lah yang menjadi alasan saya tertarik untuk mengikuti hiip Academy #1. Jadi, di tahun 2016 lalu, saya berhasil membuat visa UK sendiri melalui panduan membuat visa UK yang ditulis mas Ariev di dalam blog pribadinya: backpackstory.me. Dia juga menginspirasi saya untuk membuat postingan yang serupa tapi tak sama tentunya. 


Di sesi pertama ini, Mas Ariev berbagi tips tentang bagaimana dia membuat konten cerita perjalanannya. Dia menekankan bahwa konten itu adalah salah satu faktor penting untuk sebuah blog berkembang. Kalau konten sudah bagus, banyak orang akan tertarik dan mengunjungi blog kita. 

Dok. Pribadi - Mas Ariev Rahman

Selain konten yang bagus, konsistensi juga diperlukan oleh seorang blogger. 2 hal penting ini singkat mas Ariev menjadi 2 KON! Jika seorang blogger konsisten menulis, maka akan ada konten-konten berkualitas yang akan dihasilkan. Mas Ariev saja butuh waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan konten cerita perjalanan yang bagus dan bermanfaat untuk pembaca. Kualitas tulisan mas Ariev pada tahun 2012 tidak sama dengan kualitas tulisannya tahun ini. Tentunya tulisan mas Ariev jauh lebih bagus sekarang karena beliau konsisten menghasilkan tulisan perjalanan. Oh ya, ga semua perjalanan mas Ariev itu disponsori loh. Mas Ariev menjelaskan terkadang dia harus mengorbankan uang dan cuti kantor untuk bisa tetap traveling dan bercerita di blognya. 

Mau tau ga rahasia menulis mas Ariev di backpackstory.me? Saya rangkum sedikit ya: 

👍Tulisan berbentuk deskriptif. 
👍Panjang tulisan lebih dari 1000 kata. 
👍Menyelipkan humor dan komedi khas backpackstory.me. 

Sesi pertama diakhiri pukul 12.30 karena antusiasme peserta hiip Academy #1. Para peserta aktif bertanya kepada mas Ariev, termasuk saya, si introvert akut :) Lalu, peserta diizinkan untuk makan siang. Saya bersama mbak Sandrine mencari tempat makan siang di luar ruangan karena AC ruangan yang terlalu dingin. Di sela-sela waktu makan kami, dua orang yang juga menjadi peserta hiip Academy #1 menghampiri kami untuk makan bersama. Oh ya, namanya mbak Ghina dan mbak Lucky. Kami pun berkenalan dan saling bertukar cerita serta saling follow di instagram (lumayan nambah followers!). Saya paling senang ikut acara seperti ini. Selain followers instagram saya bertambah, pertemanan saya bertambah, ilmu blogging saya pun menjadi semakin banyak. 

Makan siang pun usai. Kami kembali ke ruangan. Masih ada 30 menit sebelum acara dimulai. Saya, mbak Sandrine, mbak Ghina, dan mbak Lucky berfoto dengan mas Ariev dan mengobrol santai dengan beliau setelahnya. 

Dok.Pribadi - Mbak Sitta Karina

Sesi kedua dimulai tepat pukul 13.30. Pembicara sesi ini adalah mbak Sitta Karina, seorang penulis senior Indonesia yang punya blog juga tentunya. Setelah belajar membuat konten yang bagus, tentunya kita ingin menghasilkan uang dari blog itu kan? Nah, mbak Sitta memberikan tips bagaimana kita sebagai seorang blogger menentukan rate card atau harga dari konten yang kita hasilkan untuk sebuah brand. Tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan rate card seorang blogger. Karena saya baik hati, nih saya kasih bocorannya sedikit ya: 

👉Bersifat subjektif
👉Ukur tingkat kesulitan suatu pekerjaan 
👉Perhatikan durasi pekerjaan
👉Taksir kekuatan personal branding
👉Hitung ongkos produksi dan biaya kelancaran kerja 
👉Gunakan patokan per 1000 views 
👉Sertakan pajak 
👉Pertimbangkan added value untuk klien 
👉Prinsip “win-win solution”

Di akhir sesinya, mbak Sitta Karina memberikan tips kunci sukses untuk kita yang ingin menghasilkan uang melalui blog. Salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media untuk ajang promosi dan alat untuk menaikkan traffic blog yang kita punya. 

Rasanya banyaaaak banget ilmu yang saya dapat dari hiip Academy #1 kali ini. Walaupun saya tidak mendapatkan doorprize di akhir acara, saya senang sekali karena dapat banyak hal yang baru (teman baru, ilmu baru, semangat baru pastinya!). 

Bersama Mas Ariev dan Teman-teman Baru Saya

Buat kamu yang ga sempat ikutan hiip Academy #1 kemarin, follow akun instagramnya hiip Indonesia deh. Biar kamu ga ketinggalan acara bagus seperti ini lagi. Last but not least, thank you hiip Indonesia for making this special event! Ditunggu ya hiip Academy #2 nya.


You Might Also Like

38 comments

  1. Waaahh!! Asyik n seru ya acaranya! Boleh lah next ikutan! Thanks infonya!

    ReplyDelete
  2. Bikin postingan lain lagi dong untuk menjelaskan secara detail tips and trick bikin blog yg bagus dari narasumber yang kamu tonton di hiip academy

    ReplyDelete
  3. Wuwuwuuw, cobaaaa ada pintu ajaib Doraemon, aku langsung cusss ke JKT demi acara kece iniiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat diadain di daerah mba juga ya

      Delete
  4. Duuuuh, penasaran lebih lanjut sama materinya Mbak Sitta ni Mbak.... Sepertinya event berbayar seperti ini worthy to pay ya Mbak....

    ReplyDelete
  5. Sungguh bikin irih, semoga Hiip bikin acara bergizi gini di Surabaya dan di weekend, aamiin hehehe.
    Kemaren semoat intip keseruannya di beberapa akun instagram temen-temen, iri euyyy, pengen juga dapat ilmu bergizi kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga Surabaya ntar kebagian juga ya mba.

      Delete
  6. Hieks aku ga bisa ikutan. Sayang banget. Tp aku bersyukur nemu tulisan ini. Jd bs ngobatin sedihku. Thanks ya. Salam kenal 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip mba. Semoga bermanfaat. Salam kenal juga mba.

      Delete
  7. makasih banget mbak, aku masih susah bgt nentuin rate card, suka takut kekecilan atau kegedean hehe, nnti yang ada jadi kabur kliennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba. Mmg nentuin rate card itu ga mudah ya mba. hehehe

      Delete
  8. Terima kasih untuk artikelnya, ya. Saya jadi ada bayangan bagaimana menulis lebih baik lagi. 1000 kata tentunya gak sedikit. Tantangannya bikin pembaca menjadi betah dengan tulisan lebih dari 1000 kata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba. Makanya kita harus rajin latihan nulis hehehehe

      Delete
  9. Wah ada Ariev ya yang jadi narasumbernya, baik banget dia walaupun aku belum kenal sebelumnya waktu ke Bali bareng :)
    Jadi konten is a king ya tetep biar orang lain tertarik dengan blog kita. Asyik banget ya dapet ilmu dari Hiip Academy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam rangka apa kak ke Bali bareng. Asik bangettt.

      Delete
  10. oh berbayar ya mba tapi kerenlah ya event berbayar gini materinya kece jadi bermanfaat banget apalah arti berbayar dengan ilmu yang diterima *uhuyyy

    ReplyDelete
  11. Keren banget yah mbk. Menjadi blogger profesional juga tentunya. Maksih lho mbak informasinya

    ReplyDelete
  12. Seneng banget...
    Bisa nambah sahabat blogger.
    Yang serum malah kalau ketemu di dunia nyata. Ngobrolnya lebih tik-tok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba. Lebih asik ketemu di dunia nyata hehehe

      Delete
  13. Wahhh minimal 1000 kata yaa? Saya masih susah nih nulis 1000 kata, kecuali artikel hobby biasanya selalu di atas seribu kata ��. Terus tentang rate card, saya juga belum punya, masih sesuka hati minta fee-nya, belum ada patokannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi memang rate card ini subjektif sih mba. Kita bisa menentukan sendiri sesuka hati hehehe

      Delete
  14. seneng bacanya.. karena aku ngga bisa ikutan, jadi bisa ikutan hadir disana melalui tulisan ini ya mba.. acara ini beneran bergizi banget buat para blogger ataupun influencer.. semoga aku bisa ikutan yang berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga kita bisa bertemu juga ya mba di acara blogger2 selanjutnya :)

      Delete
  15. Seru banget bisa ikutan acara HIIP mbak, pengen daftar cuma di Medan. Kalau aja kapan2 Hiip Rodshow buat acara keren di Medan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an suatu saat bisa diadakan di luar Jakarta ya mbak

      Delete
  16. Mantap banget nih Mbak, komplit. Ketemu teman2 baru, nambah ilmu dan pastinya setelah ini bisa praktekin 2Kon dari Mas Ariev juga kan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Semoga aku bisa selalu lakuin 2 kon itu ya.

      Delete
  17. aku sepakat kata mas ariev tentang konsisten ngeblog, menulis aja, mulai aja dulu, nanti akan menemukan konten-konten yang berkualitas.. duhh.. jadi semangat lagi untuk konsisten menulis nihh..

    ReplyDelete
  18. Akkkk mupeng pengin ikutan juga, mana ada Ariev pula, bloger top yang blognya aja menginspirasi banyak orang. Sayangnya jauuuh nih di Jakarta. coba Hiip bikin kelas di Semarang yaaa... pasti ikut deh.

    ReplyDelete
  19. Seru ya kak acaranya, saya gak jadi ikutan, karena anak saya yang bungsu ga ada yang jaga. Alhamdulillah saya bisa baca review ya di sini. Makasih mbak. Jadi ikut belajar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mbak. Kemarin ada yang bawa anak juga tapi dijagain suaminya gitu.

      Delete

Give Me Your Comment