10 TEMPAT NGOPI DI JAKARTA SELATAN

12:21:00

Ngopi seakan menjadi gaya hidup masyarakat ibu kota zaman sekarang. Dari mulai rapat kantor sampai belajar kelompok semua dilakukan di dalam sebuah coffee shop. Selain ketersediaan colokan di coffee shop, suasana atau yang sering disebut dengan ambience pasti menjadi alasan mengapa orang sekarang suka mampir ke coffee shop termasuk saya. Saya sih seringnya sih main ke coffee shop yang berada di Jakarta Selatan karena dekat dari rumah. Buat temen-temen yang mau nambah referensi coffee shop, nih saya buatkan daftar 10 tempat ngopi di Jakarta Selatan:

90 Degrees Coffee, Tebet 


Letaknya di Tebet, Jakarta Selatan sekitar 31 meter dari SMAN 26. Coffee Shop ini tadinya merupakan rumah yang disulap menjadi sebuah kedai kopi sekaligus galeri seni. Tidak heran terdapat beberapa karya seni yang dipajang di dinding coffee shop ini. 

Menu kopi yang paling saya suka di sini adalah Caramel Macchiato. Menurut saya lebih enak dibandingkan Starbucks. Selera sih ya… Saya sendiri suka minum varian kopi yang sudah dicampur susu.

Setiap kali ngopi di 90 Degrees Coffee, saya jarang banget beli makanan dari dalam coffee shop karena 90 Degrees Coffee memperbolehkan kita untuk memesan makan dari luar lalu makan di dalam coffee shop. Biasanya kan ga boleh ya.

90 Degree Coffee
Dok. Pribadi
Di depan 90 Degrees Coffee biasanya ada penjual makanan seperti mie ayam, siomay, batagor, dan gorengan. Harga makanannya juga ga terlalu mahal, mulai dari Rp.5.000-Rp.20.000. Kalau kamu lapar, pesan makanan ke penjual makanan di depan 90 Degrees aja, nanti pesanan kamu akan diantarkan ke dalam 90 Degrees Coffee.

Kopimana27, Tebet

Ini salah satu coffee shop favorit saya di Tebet. Letaknya strategis banget, di pinggir jalan raya gitu. Kalau kamu naik kendaraan pribadi atau umum dari arah Manggarai menuju Pancoran, pasti deh melewati coffee shop ini. Orang yang ngopi di Kopimana27 kebanyakan adalah mahasiswa dan karyawan yang kantornya dekat dengan coffee shop ini. 

Kopimana 27 Tebet
Kopi Ola

Menu favorit saya kalau lagi ngopi di Kopimana27 adalah Kopi Ola, espresso dicampur dengan susu dan coklat. Enak banget, ga terlalu manis, dan harganya terjangkau, Rp.35.000. Selain kopi Ola, Kopimana27 juga punya menu kopi andalan loh, namanya Kopi Buatan Istri, semacam kopi susu gitu tapi disajikan dalam botol kaca, harganya cuma Rp.20.000 aja. 

Untuk harga makanan di sini cukup terjangkau sih mulai dari harga Rp.5000-Rp.50.000. Cemilan favorit saya di Kopimana27 itu Donat Kampung dan French Fries. Duh, jadi laper. Eits, kalau donat kampung dan french fries kurang nampol di perut, kamu bisa memesan makanan utama seperti nasi goreng dan berbagai varian pasta.

Eh iya, selain di Tebet, Kopimana27 ada di Wolter Monginsidi juga loh. Cek instagram mereka aja untuk tahu lokasi persisnya dimana. 

Crematology Coffee Roasters, Senopati

Coffee shop ini tempatnya asik banget buat sekedar ngobrol dengan teman atau bahkan untuk rapat dan kerja. Ruangan untuk ngopinya luas dan tempat duduknya nyaman banget. Di malam hari, lampunya agak remang gitu. Cocok banget buat kamu yang mau ngopi bareng pasangan. Ngopi sama teman boleh juga sih.

Pertama kali ke sini saya ga pesen kopi karena lagi ga mood buat ngopi. Saya membeli special tea yang harganya cukup mahal sih menurut saya, Rp.37.000. Wangi dan rasa tehnya sih enak. Pas banget waktu itu lagi hujan.

Crematology Senopati
Special Tea

Untuk harga kopi dan teh di sini, bisa dibilang hampir seperti Starbucks ya, agak mahal menurut saya tapi sebanding lah dengan suasana dan servis yang ditawarkan oleh Crematology. 

Join Kopi, Bulungan

Sekitar tiga minggu lalu, saya main ke Bulungan dan mampir ke Join Kopi atas rekomendasi salah satu akun instagram kuliner gitu. 

Join Kopi Bulungan
Dok. Pribadi

Coffee shop ini berada di dalam GOR Bulungan ya. Tempatnya di luar gitu, agak takut juga sih kalau tiba-tiba hujan ya. Menu kopinya beragam, kebanyakan kopi lokal seperti Kopi Toraja, Kopi Aceh Gayo, dan Kopi Papua. Saya mah seperti biasa memesan kopi yang sudah dicampur susu, Hazelnut Latte. Harganya ga terlalu mahal kalau dibandingkan dengan Crematology, cuma 24.000 aja. Rasanya? Biasa aja sih.

Fore Coffee, Senopati

Coffee shop ini lagi ngehits banget karena merupakan brand baru dan menawarkan banyak promo. Bahkan saya pernah minum Cappucino di Fore Coffee tanpa bayar alias gratis. Rasa kopinya lumayan enak sih. Porsi kopi dan susunya pas gitu. Tempatnya juga asik banget walaupun ruangannya agak kecil. Letaknya di lantai 2. Lantai 1 nya itu Otten Coffee, tempat menjual semua peralatan kopi.
Fore Cofee Senopati

Kedai Filosofi Kopi, Melawai 

Pertama kali saya ke sini sempet ada sedikit drama nyasar karena letak coffee shopnya yang nyempil. Plang Filosofi Kopi tidak sebesar coffee shop lainnya makanya saya nyasar 😄 padahal lokasinya ngga jauh dari Blok M Square. Kamu sudah pada tahu kan kenapa coffee shop ini terkenal banget?

Menu kopi yang dijual di sini standar coffee shop sih. Saya seperti biasa memesan kopi susu dan teman saya memesan kopi yang sedikit beda, red velvet. Harga kopinya berkisar dari Rp.30.000-Rp.50.000, sebanding sih dengan ambience yang ditawarkan.

Kedai Filosofi Kopi Melawai
Ngopi di Filosofi Kopi
Tempat ngopi ini semakin malam malah makin rame loh dan kebanyakan anak-anak cowok yang nongkrong di situ.

Gelael Cafe and Supermarket, Tebet

Kamu yang tinggal di Tebet pasti tahu deh dengan Gelael. Gelael awalnya memang supermarket dan karena kebutuhan zaman, akhirnya Gelael membuka cafe di dalam supermarketnya. Nah, Gelael Cafe menjual aneka kopi, kue, dan makanan besar gitu.

Gelael Tebet
Cappucino

Menu kopinya ga beda dengan coffee shop kebanyakan. Harganya cukup terjangkau, berkisar dari Rp.20.000-Rp.35.000. Kalau kamu lapar, Gelael menyediakan makanan khas Indonesia seperti Gado-gado, Soto, Rawon dll. Untuk harga ya pasti ga sama dengan harga Gado-gado atau Soto di pinggir jalan ya. Lebih mahal sedikit. Tapi worth it lah. Kapan lagi bisa grocery shopping, ngopi, dan makan di satu tempat.

Dialogue Cafe, Kemang



Kafe ini ngehits banget di Instagram gara-gara #dialoguestaircase. Saya pun penasaran dan berkunjung ke Dialogue bersama dua teman saya. 

Suasana Dialogue Cafe asik sih. Kamu bisa memilih nongkrong di dalam atau luar ruangan. Saya sih lebih milih di luar karena bisa sekalian foto di atas staircase dialogue yang happening itu. Staircase itu merupakan salah satu dari sekian karya seni yang dipamerkan di sini. Banyak karya seni lainnya yang bisa kamu dapatkan di Dialogue karena Dialogue juga merupakan Art Space.

Dialogue Cafe Kemang
Ice Cappucino

Untuk cafenya menurut saya asik ya. Cafenya luas dan suasananya cozy banget. Waktu saya dateng ga terlalu ramai juga. Saat nongkrong di sini, saya memesan Ice Cappucino dan Pizza untuk dimakan rame-rame bareng temen saya karena harganya makanan yang ada di Dialogue Cafe mahal banget. Kalau harga kopi ga terlalu mahal lah tapi rasanya biasa. Saya ga menemukan efek "wow" gitu di sini.  

Animo Bread Culture, Pasar Santa

Tempat ngopi yang satu ini terletak di dalam Pasar Santa. Seperti yang kamu tahu, Pasar Santa sekarang  jadi tempat nongkrong anak JakSel sejak tahun 2014 booming di sosial media. Baru minggu lalu, saya berkesempatan ke Pasar Santa setelah mengikuti sebuah acara yang tidak jauh dari Pasar Santa. Tujuan utama saya ke Pasar Santa sebenernya mau coba Kopi Tuku yang terkenal itu. Eh, Kopi Tuku malah ga buka dong di hari Sabtu 😅 Saya pun beralih ke tetangganya, Animo Bread Culture. Sesuai dengan namanya, selain kopi Animo menjual juga berbagai macam bread and pastry. Semuanya enak dan murah banget. Saya beli Kopi Animo dan Croissant habis Rp.27.000 aja. Jangan lupa mampir ke Animo kalau kamu lagi main ke Pasar Santa.
Animo Bread Culture Pasar Santa
Animo Pasar Santa


Starbucks, Soepomo

Banyak sekali gerai Starbucks di Jakarta Selatan, salah satunya dekat kantor saya di Soepomo. Lokasi tepat di sebelah Restoran Sate Khas Senayan. Rasa kopinya standar aja sih tapi suasana di Starbucks itu loh tidak tergantikan. Rasanya nyaman banget tiap nongkrong di Starbucks. Menu favorit saya di Starbucks itu Cafe Mocha.

Starbucks Soepomo
Tumbler Starbucks
Buat kamu yang mau nongkrong di Starbucks, rajin-rajin cek Instagram dan Line official Starbucks Indonesia. Harga kopi di Starbucks terlalu mahal menurut saya, begitu pun dengan makanannya. Jadi, kalau mau ngopi di Starbucks, lebih baik tunggu promo setengah harga pakai tumbler Starbucks, but 1 get 1 free, atau buy 2 get 1 free (Family Treats). 

Ada yang sudah pernah coba ngopi di 10 tempat di atas? Atau ada rekomendasi tempat ngopi lain ga selain yang saya bagikan? Boleh ditulis di kolom komentar di bawah ya teman-teman. 

SELAMAT NGOPI


You Might Also Like

41 comments

  1. Yihaaa, anak jakSel kudu cobain kafe2 ini yaaa
    Filkop dan Dialogue bolak/i nongol di timeline IG-ku Mbaaa
    Moga2 ada kesempatan buat nyobaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ya mba. Emang coffee shopnya keren2 banget sih.

      Delete
  2. Ngopi di cafe sekarang udah jadi part of lifestyle ya. Dan itu disambut baik oleh cafe2 kopi dgn ngasih kemasan, tempat dan service yg bagus dan seimbang juga dgn harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Sepertinya ga afdol ya kalau sekarang ga ngopi.

      Delete
  3. Waduh, saya belum pernah ngopi di kafe soalnya bukan kelas saya, he he. Tapi suka lihat fotonya cakep banget cara bentuk hiasan kopi Ada yang dibuat kayak bunga melingkar segala.
    Saya belum cobain gimana rasa kopi di kafe jadi tidak punya pembayangan. Penasaran banget dengan rasa kopi di sana.

    ReplyDelete
  4. Ngopi di cafe sudah bagian dari gaya hidup saat ini ya. Banyak kedai kopi seperti di daerah Jaksel ini, tidak hanya menawarkan penyajian kopi yang beragam tapi juga suasana tempat nongkrong yg asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sampai bikin betah nongkrong lama2.

      Delete
  5. Itu yang foto pertama bikin gagal fokus deh ada banyak vespa lucu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dimasukin ke dalam cafe gitu mbak hehehe

      Delete
  6. Banyak tempat yang asli lucu lucuuu ya mbaaa.. suka deeh aku! Padahal udah ngg ngopi hehehe

    ReplyDelete
  7. Kopi Ola dn Cappucino... Mmm... Dua kopi yang bikin Dewi ngiler hihihi. Dewi bukan pecinta kopi tapi suka baunya dan cicip dikit sampe segelas.

    Banyak tempat rekomended nih, Dewi catet dulu ya mbak��

    ReplyDelete
  8. Lagi menjamur ya bisnis Coffee shop ini aku juga di Bandung lagi menjajal beberapa coffee shop dan ingin buat rangkuman seperti ini nantinya :D

    ReplyDelete
  9. Gaya hidup anak muda zaman sekarang, ngopi di cafe ya. Di mana-mana udah banyak tempat ngopi yang bagus dan nyaman.
    Apalagi di kota besar kayak Jakarta, pasti banyak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget mbak. Ga kehitung deh banyaknya.

      Delete
  10. Banyak juga ya referensi tempat untuk ngopi cantik di jaksel ini, tapi emang pas juga sih mengingat jaksel adalah tempat yg terkeren dibanding kota jakarta lainnya

    ReplyDelete
  11. Banyak banget rekomendasi tempat ngopinya! Aku jarang nongkrong ini. Kalau ke sana rame2 enak kali ya. Anak sekarang SMA aja udah ngafe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak2 SMA sekarang aja ngerjain peer di kafe ehehehe

      Delete
  12. Banyak ya Mbak pilihan tempat ngopinya. Seru pasti kalo bisa nongkrong bareng temen rame rame di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mbak. Ini masih banyak lagi yang belum ku sebutin heheheh

      Delete
  13. Wah untuk awasan Jaksel saja ada banyak pilihan tempat ngopi ya. Bagi yang suka kopi kayak aku, senang banget ada banyak pilihan

    ReplyDelete
  14. Belum pernah coba smeua mba wkwk asli aku ga doyan kopi tapi suami sih doyan pastinya dia tahu deh salah satu kedai kopi di Jakarta ini

    ReplyDelete
  15. Wah semua tempat ngopi di Jaksel kece2 badai nih, ntr klu mampir ke sana sdh ada rekomendasi nih ��

    ReplyDelete
  16. Kalau di Starbucks mahal mending melipir ke cafe lainnya ya. Toh kopi di sana juga tidak lebih enak dibanding kopi di tempat lainnya.Sama saja. Hanya menang gengsi doang. Tapi sekarang ngopi di cafe lain yang estetis dan punya ciri khas malah punya gengsi yang tinggi juga sih.

    ReplyDelete
  17. Dari banyaknya tempat diatas yang pernah aku kunjungin yaitu Dialogue Kemang hehe tempatnya asyik buat nongkrong dan kalua Fore sendiri aku nyobain di store lain sih.

    ReplyDelete
  18. Akutu pengin banget sembari nunggu Abinya anak-anak rapat, aku sama anak-anak ngopi elekhan gituu...
    Tapi ternyata cafe-cafe di Jekarda ini selalu penuh.
    Hebat yaah...pengusaha cafe di Jekarda.

    ReplyDelete
  19. Lihat-lihat tempat ngopi cozy gini bikin kepengen ngopi deh. Stress releasing bangeeet. Ditambah temen ngobrol, udah deh, betaaaah :D

    ReplyDelete
  20. Cuma pernah ke 90 degrees aja, yang lain belum. Kopi oh kopi, dulu kyknya identik dengan warkop pinggir jalan, trus skrng naik kelas gtu kyknya ya, semacam jadi lifestyle orang2 di area perkotaan :D
    Tapi emang kopinya enak sih ya :D

    ReplyDelete
  21. Belum perna ke salah satu tempat pun mbak, jadi pengen menikmati tempat kopi ini. Apalagi kopimana itu tempatnya keren, "selayaknya istri maka kopi pun titipan" hahha

    ReplyDelete
  22. Banyak banget pilihan buat ngopi cantik di Jakarta Selatan ya mbak. Mirip sama di Bandung ya, di sini juga buaaanyyyaaakkk banget coffee shop yg pewe buat hangout atau kerja :D

    ReplyDelete
  23. Ya ampun semuanya keren ini tempat ngopinyajadi ngiler mbaaaa. Pngen kucoba semuanya dihh.

    ReplyDelete
  24. Bukan anak Jaksel dong saya nih ya.. karena belum ke 10 tempat ngopi di Jaksel yang aku kunjungin.. dari 10 aku baru 5 sih.. haha masih setengahnya lagi baru di sebut anak Jaksel yak hehe

    ReplyDelete
  25. Sekarang kedai kopi semakin banyak ya, mbak. Apa lagi di Jakarta yang merupakan Ibu Kota dan banyak sekali orang-orang pulang kerja butuh kopi sambil nongkrong nunggu kemacetan :)

    ReplyDelete
  26. Ada paman saya di Tanah Abang
    Kira kira mencapai semua tempat ngopi di atas bisa nggak ya dari situ?
    Soalnya bakalan nginap di area Tanah Abang juga kalau ke Jakarta

    ReplyDelete
  27. Wah nambah lagi daftar kafe kekinian yang bisa dikunjungi pas pengen kerja di luar atau sekadar nongkrong bareng teman. Kayaknya yang pertama dikunjungi yang daerah Tebet dulu deh.

    ReplyDelete
  28. tempat ngopi seru ini, 10 rekomendasi yang luar biasa membuat aku baper ingin nyoba semua tempat ngopi yang kekinian

    ReplyDelete
  29. tempat ngopi kekinian itu kenapa tempatnya selalu terlihat manis untuk difoto sih, hehehe aku kan jai pengen sering-sering ngopi d cafe jadinya

    ReplyDelete
  30. Thank you sharingnya. Hehehe lumayan buat aku yang clueless pas di jakarta nyari tempat ngopi :))

    ReplyDelete

Give Me Your Comment