MUDAHNYA MEDICAL CHECK UP DI HOSPITAL LAM WAH EE, PENANG

10:05:00

Bulan lalu saya menceritakan bagaimana perjuangan saya menemani mama berobat di Penang sebelum Pandemi menyerang. Saya juga membawa serta tante saya ke Penang untuk Medical Check Up di Hospital Lam Wah Ee (rumah sakit tempat mama saya berobat). Bagaimana sih prosedur untuk melakukan Medical Check Up di Hospital Lam Wah Ee, Penang? 

Baca juga: Berobat Ke Penang Sebelum Pandemi

Hospital Lam Wah Ee
Hospital Lam Wah Ee, Penang


Cek Paket Kesehatan di Website Hospital Lam Wah Ee

Lam Wah Ee menawarkan tiga paket medical check up: Basic Package, Essential Package, dan Enhanced Package. Harga untuk setiap paket berbeda-beda. Kalian bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk tante saya, saya memilihkan Enhanced Package. Biaya untuk paket tersebut sebesar RM 630* (kalau dirupiahkan sekitar Rp.2.200.000,-). Paket ini merupakan paket lengkap dan berbeda dengan 2 paket lainnya karena ada Exercise Test dan konsultasi dengan ahli gizi terkait dengan komposisi tubuh kita atau dalam bahasa Inggrisnya dinamakan Body Composition Analysis (BCA).

Lakukan Pendaftaran Secara Online

Klik paket medical check up yang tadi sudah dipilih di website Hospital Lam Wah Ee, lalu isi formulir pendaftaran medical check up secara online. Pilih tanggal untuk medical check up. Jika kalian sudah mengirim formulir pendaftaran online, pihak Lam Wah Ee akan mengirimkan email berisi formulir yang telah diisi dan prosedur pelaksanaan medical check up secara singkat seperti di bawah ini.


Email dari Hospital Lam Wah Ee 


Datang ke Rumah Sakit Sesuai dengan Tanggal Perjanjian

Dalam email balasan yang saya terima dari Lam Wah Ee, tante saya harus puasa dari jam 10 malam sampai hari H medical check up. Lewat dari jam 10 malam tante saya tidak boleh makan lagi tapi beliau masih boleh minum air putih. Oh ya, karena tante saya memilih paket lengkap yang ada Exercise Stress Test, beliau harus memakai baju dan sepatu olahraga yang nyaman saat menjalani medical check up. Tujuan Exercise Stress Test adalah untuk mengetahui seberapa baik kondisi jantung kita saat sedang melakukan aktivitas berat. Selama tes, kita akan diminta untuk berolahraga di atas treadmill yang terhubung dengan mesin Elektrokardiogram (EKG). 

Exercise Stress Test
Ilustrasi Exercise Stress Test

Pada hari H medical check up, kita yang sudah mendaftar wajib datang sesuai dengan tanggal perjanjian dan jam operasional Hospital Lam Wah Ee Health Screening Centre. Health Screening Centre terletak di lantai 7. Pastikan kalian tidak salah naik lift ya kalau mau ke lantai 7.

Sampai di lantai 7, cari saja tulisan Health Screening Centre, masuk ke dalam ruangan, lalu ambil antrian di meja petugas. Kalian akan melihat mesin pencetak nomor antrian di meja tersebut, pencet saja no.6. Petugas nanti akan memanggil nomor antrian kalian. Ruang tunggu di dalam Health Screening Centre ini enak sekali dan yang paling penting adem. Mama saya sampai memakai jaket karena suhu di dalam Health Screening Centre ini dingin banget. Kalau haus, Health Screening Centre juga menyediakan air mineral gratis (bisa dingin atau panas). Ditambah lagi ada free wifi yang kenceng banget di dalam ruang tunggu. Jadi, ga bosen nunggu deh tante saya yang lagi medical check up. Fasilitas di Health Screening Centre Lam Wah Ee pokoknya oke bener neh. 


Hospital Lam Wah Ee
Kelihatan kan ya mesin antrian di meja?
Di lorong panjang sebelah kanan itu terdapat banyak ruangan untuk medical check up.


Antrian waktu itu ga terlalu lama. Baru duduk, petugas langsung memanggil nomor antrian tante saya. Saya pun menghampiri petugas untuk melakukan pendaftaran ulang dan tidak lupa membawa paspor dan dompet.

Saat saya melakukan pendaftaran ulang untuk medical check up tante saya, petugas menyarankan saya untuk tidak mengambil Enhanced Package karena ada Exercise Stress Test yang tidak disarankan untuk tante saya yang sudah lanjut usia. Saya pun setuju dan akhirnya mengambil Essential Package saja. Harga Essential Package lebih murah daripada paket sebelumnya yaitu sebesar RM 448* (kalau dirupiahkan sekitar Rp.1568.000). Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau non-tunai (dengan kartu kredit atau debit).

Setelah proses pendaftaran ulang selesai, petugas meminta kami duduk. Mereka akan memanggil nama tante saya untuk menjalani serangkaian tes untuk medical check up jika ruangan sudah tersedia.

Medical Check Up Berlangsung

Selama medical check up, saya dan mama menunggu di ruang tunggu saja. Petugas cukup kooperatif membantu tante saya. Petugas memanggil saya sesekali saja saat tante saya tidak mengerti apa yang petugas sampaikan karena mereka menggunakan bahasa Melayu dalam berkomunikasi. Saya sudah 4 kali ke Penang jadi saya bisa memahami petugas yang berbahasa Melayu. 

Proses Medical Check Up Hospital Lam Wah Ee
Proses Medical Check Up Hospital Lam Wah Ee

Tante saya pertama-tama menjalani tes darah dan urine terlebih dahulu. Lalu, petugas memeriksa tanda vital (Vital Sign), komposisi tubuh (Body Composition Analysis), dan pemeriksaan mata (Vision Test). Oh ya, petugas memberikan kudapan dan makan siang untuk tante saya membatalkan puasa yang telah dia lakukan sejak semalam. Rasa makanannya lumayan enak kata tante saya. Setelah itu, beliau menjalani tes EKG (cek kesehatan jantung). Ketika saya menunggu tante saya di ruang tunggu, tiba-tiba beliau keluar bersama petugas. Ternyata beliau mau menjalani X-Ray Dada dan USG Abdomen di lantai 1 karena Departemen Radiologi berada di situ. Tidak lama tante saya kembali ke lantai 7 ditemani petugas dan menjalani pemeriksaan fisik dengan dokter dan konsultasi dengan ahli gizi terkait dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tante saya berdasarkan pemeriksaan komposisi tubuh yang telah dilakukan sebelumnya.

Review Hasil Medical Check Up

Saat bertemu dengan dokter, tante saya agak kesulitan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, petugas memanggil saya dan juga mama untuk membahas hasil medical check up tante saya. Hasil medical check up langsung keluar hari itu juga tapi kami harus menunggu beberapa jam sampai semua hasil keluar. Petugas memberikan kami kertas kecil seperti dalam gambar ini supaya kami tahu jam berapa kami harus kembali ke rumah sakit.

Medical Check Up Lam Wah Ee
Pengambilan Hasil Medical Check Up

Dokter menerjemahkan semua hasil medical check up tante saya. Saya membantu dokter untuk menyampaikannya kembali ke tante saya dalam bahasa Indonesia. Menurut dokter, hasil medical check up tante saya semuanya baik-baik saja, kecuali hasil urine. Beliau menemukan sedikit keanehan dalam urine tante saya. Dokter pun merujuk beliau ke dokter spesialis. Kami pergi keesokan harinya ke dokter spesialis tersebut. Hasilnya ternyata baik-baik saja. Dokter meresepkan beberapa obat dan mengingatkan tante saya untuk banyak minum.

Setelah menemani tante saya menjalani mudahnya medical check up di Hospital Lam Wah Ee, saya jadi penasaran juga mau medical check up diri sendiri hehehe. Mudah-mudahan tahun depan pandemi sudah berakhir ya biar saya bisa pergi ke Penang. 


In front of Hospital Lam Wah Ee
Mama dan tante saya setelah proses medical check up selesai 

Temen-temen ada yang pernah menjalani medical check up juga? Prosesnya mudah ga seperti di Hospital Lam Wah Ee? Coba cerita pengalaman kalian di sini dong :) 


*Harga paket medical chec up bisa berubah-ubah ya tergantung kurs mata uang.

You Might Also Like

30 comments

  1. stay safe and stay healthy ya kak :')

    ReplyDelete
  2. Banayk orang Indonesia yang berobat ke Penang ya. . Alhamdulillah kalau hasil medical check upnya bisa diterjemahkan dokter jadi kita bisa ngerti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Udah gitu dokternya baik banget lagi.

      Delete
  3. wah saya sering baca tulisan pengalaman orang Indonesia yang berikhtiar untuk kesehatan hingga ke Penang. Ternyata mudah ya prosesnya. Untuk saat ini saya gak pernah medical check up lagi, terakhir selama hamil dan menjelang operasi cesar hehe. Semoga Mama dan tantenya mba Dewi Nat selalu sehat. Emang minum itu gak bisa disepelekan ya mba :) Salam sehat mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terima kasih mbak. Semoga mbak juga sehat2 selalu ya.

      Delete
  4. banyaak ya hospital bagus yang ada di Penang untuk berbagai masalah kesehatan ya mba. Thanks for sharing it yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Aku sih paling suka rumah sakit ini.

      Delete
  5. paling suka kalau proses medical check up nya tidak menyulitkan pasiean dan keluarga ya mba, apalagi kalau pasiennya sudah sepuh, Karena pernah mengalami hal yang gak enak soal medical check up ini di rumah sakit swasta di Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ga enak apa tuh mbak? Saya jadi kepo hehehe.

      Delete
  6. Rumah sakit di Penang memang selalu jadi rekomendasi untuk berobat, pelayanannya selalu prima dan lengkap begitu yang saya sering dengar dari saudara yang berobat

    ReplyDelete
  7. Banyak nih yang rekomendasiin medical check up ke Penang ini. Rekomended ya mbak. Kayanya memang service excellent makanya bisa seterkenal itu.

    ReplyDelete
  8. Medical check up dengan harga 2,2jutaan itu sebenarnya nggak terlalu mahal ya. Karena si Lampung juga dengan paket serupa, harga sudah sekitar 1,5juta. Memang belum termasum biaya tiket dan hotel ya. Tapi maksud saya, nggak nyangka aja biaya med checknya seterjangkau itu. Kirain belasan juta.

    ReplyDelete
  9. Mertua saya med check ke Penang juga. Biayanya lebih murah dan hasil (katanya) lebih akurat dan cepat. prosesnya paling lama 3-4 hari sdh bisa pulang. Itu pun biayanya masih lbh murah daripada ke Jakarta/Medan. fyi, kami di Pekanbaru. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah di rumah sakit mana mbak? Iya memang murah. Dulu aku pikir juga mahal.

      Delete
  10. Meski di Penang, medical check up bisa mudah ya. Kita hanya perlu mendaftar secara online dan bisa mendapatkan kemudahan pelayanan di sana.

    ReplyDelete
  11. Waaa aku belum pernah cobain medical check up, semoga di indonesia juga prosesnya mudah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba juga sih di Indonesia mbak.

      Delete
  12. Aku belum pernah mba menjalani medical check up. Tapi kayaknya rata-rata ya seperti itu urutannya ya. Senang ya kalau rumah sakitnya bagus pelayanannya gitu. kooperatif dan profesional banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Medical check up perlu mbak ternyata.

      Delete
  13. Saya belum pernah medical check up, Mbak... padahal penting dan pengen tahu juga kondisi tubuhku.

    Ternyata prosedurnya cukup mudah juga ya, untuk berobat ke RS di Penang. Semoga sehat selalu Mbak... juga mama dan tantenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Trmksh mbak. Cb sekali kali check up mbak :)

      Delete
  14. General check up ini penting banget yaa...mengingat bahwa reaksi tubuh yang sering kita abaikan. Semoga sehat-sehat selalu untuk kak Dewi dan keluarga.
    Berobat ke Hospital Lam Wah Ee memang keren ya...pelayanan terhadap pasien, maksimal dan memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak :) Semoga mbak sehat2 juga ya.

      Delete
  15. aku belum coba mba medical checkup, ternyata penting juga ya untuk memantau kesehatan kita.. semoga mba dewi dan keluarga sehat selalu yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya penting mbak. Apalagi klo kita udah kepala 3 atau 4 hehehe

      Delete

Give Me Your Comment