REVIEW AIRBNB INSTAGRAMABLE DI LEMBANG, BANDUNG

16:29:00

Setelah urusan berobat di Penang selesai, saya janjian dengan sepupu saya untuk liburan bareng ke Bandung di bulan Februari selama 3 hari 2 malam. Saya agak sempat ragu juga sejujurnya untuk pergi karena sampai akhir Januari belum ada berita lagi tentang keberadaan virus Corona di Indonesia. Sepupu saya meyakinkan saya untuk pergi sampai akhirnya saya pun memantapkan hati untuk liburan ke Bandung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker dan selalu cuci tangan.

Baca juga: 5 Wisata Anti Mainstream di Bandung

Wisata ke Bandung

Selama di Bandung, kami menginap di dua Airbnb yang berbeda. Pertama, kami menginap di Airbnb berbentuk apartemen tipe studio (Galeri Ciumbuleuit 3) yang lokasinya tidak jauh dari Universitas Parahyangan. Kedua, kami menginap di Casa Lembang. Dari namanya saja, kalian sudah tahu dong lokasinya dimana. Airbnb ini sudah lama sekali saya masukkan ke daftar Airbnb yang saya ingin kunjungi karena saya suka banget sama desain interior Casa Lembang. Pemilik Casa Lembang adalah pasangan suami istri yang merupakan penulis buku. Mereka mempunyai dua unit Airbnb di Lembang (Casa Lembang 1 & 2) dan merupakan hos teladan Airbnb. Jadi, ga perlu ragu untuk menginap di Casa Lembang. Saya dan sepupu saya menginap di Casa Lembang 2 karena sudah ada orang lain yang lebih dulu memesan Casa Lembang 1 di tanggal yang saya pilih. Walaupun begitu, pengalaman menginap di Casa Lembang 2 seru juga kok. Saya ulas sedikit pengalaman saya menginap di Casa Lembang 2 di sini ya. 

Pemesanan

Setiap kali berwisata ke luar kota atau luar negeri, saya pasti selalu kebagian tugas mengurus akomodasi. Sama halnya dengan liburan ke Bandung kali ini. 

Saya memesan Casa Lembang 2 melalui website Airbnb*. Proses pemesanan Casa Lembang di Airbnb cukup mudah, kalian tentukan tanggal berapa kalian ingin liburan ke Lembang dan cek ketersediaan Casa Lembang 2. Jika tersedia di tanggal yang kalian pilih, kalian bisa  langsung pesan dan melakukan pembayaran sewa Airbnb menggunakan kartu kredit atau debit. Setelah proses pemesanan selesai, pemilik Casa Lembang (Teh Ninit) akan mengkonfirmasi jumlah tamu yang akan menginap di Casa Lembang 2 serta lokasi Casa Lembang 2 melalui Whatsapp

*Untuk temen-temen yang belum pernah pakai Airbnb, daftar Airbnb pakai akun referal aku dan dapatkan potongan $17 untuk pemesanan Airbnb pertama kalian.

Tanggal kosong merupakan hal yang sulit sekali didapatkan saat memesan Casa Lembang baik 1 & 2 karena Casa Lembang sering dipakai untuk tempat foto prewedding atau maternity. Makanya begitu saya menemukan tanggal kosong di bulan Februari, tanpa ragu saya langsung pesan (walaupun cuma bisa pesan 1 malam saja 😞).

Check-In 

Saya tiba di Casa Lembang 2 kira-kira pukul 3 sore setelah selesai makan siang di Lereng Anteng, Bandung. Bu Dede, asisten Teh Ninit menerima kedatangan kami di Casa Lembang 2. Teh Ninit dan keluarga tidak tinggal di Lembang jadi mereka mempunyai asisten yang membantu mereka untuk menerima tamu dan membersihkan Airbnb setelah tamu check out dari Casa Lembang. Bu Dede ramah dan baik sekali. Kami sempat mengobrol tentang Casa Lembang 2 dan tempat wisata di sekitar Casa Lembang. Selesai mengobrol, beliau memberikan kami kunci Casa Lembang 2.

Fasilitas Casa Lembang 2 

Di Casa Lembang (baik 1 dan 2), kalian tidak akan menemukan fasilitas wifi. Baru ini sih saya menemukan Airbnb yang tidak menyediakan fasilitas wifi tapi saya ga protes juga karena memang tujuan saya liburan ke Bandung kali ini mau menyegarkan pikiran di kala padatnya deadline. Lagian toh, kita masih bisa menikmati liburan juga kan tanpa wifi kan? 😉

Walaupun tidak ada wifi, fasilitas lain yang tersedia di Casa Lembang 2 cukup lengkap. Di lantai 1, terdapat dapur kecil dan peralatan masak yang lengkap banget. Kalau kalian suka masak,  kalian bisa menggunakannya tapi jangan lupa untuk membersihkan dan mengembalikan semua peralatan yang kalian pakai ke tempat semula ya. Jadilah tamu yang baik 😁. Selain itu, tersedia juga kulkas dan dispenser minuman.

Dapur
Peralatan Dapur di Casa Lembang

Dapur


Selain dapur, di Lantai 1 terdapat ruang makan kecil, toilet (untuk yang ini saya lupa foto) dan ada satu ruangan di sebelah dapur yang bisa kalian pakai untuk menggantung baju atau menyimpan koper. Kalau kalian perlu menyetrika baju, kalian juga bisa menggunakan setrika dan alas setrika yang ada di ruangan ini. Di ruangan yang sama, ada meja dan bangku kayu yang bisa kalian pakai untuk santai sambil ngopi atau ngeteh mungkin. Bisa juga dijadikan spot foto cantik sih untuk kalian suka foto. 


Laundry Room

Ruang Santai

Di lantai 2, kalian akan menemukan ruang santai untuk nonton televisi. Letaknya bersebelahan dengan kamar tidur. Yang membuat kamar tidur ini unik adalah kamar mandinya yang transparan dan bersebelahan dengan tempat tidur. Kamarnya luas dan bersih. Nyaman banget tiduran di kamar ini. Untuk kalian yang muslim, di dalam kamar terdapat sajadah. Kalian bisa gunakan untuk solat jika kalian lupa bawa sajadah kalian.

Kamar Mandi
Kamar Mandi Transparan Sebelah Tempat Tidur

Kamar Tidur


Ruang TV


Ruang TV

Di attic atau loteng terdapat 1 kamar lagi. Namun, kami tidak pakai karena kami ga mau tidur sendiri-sendiri. Kami pakai kamar di loteng cuma buat tidur-tiduran saat sore dan pagi hari saja. Di sini juga ada kamar mandi yang lagi-lagi transparan letaknya pas di depan tempat tidur. Kalau kalian suka baca buku, kalian bisa duduk-duduk sambil baca buku di bean bag yang disediakan di loteng. Bukunya bagus-bagus loh dan salah satu buku yang ditulis oleh suaminya Teh Ninit juga ditaruh di sini.

Kamar Tidur Loteng


Kamar Mandi Transparan
Kamar Mandi Transparan 2 di Loteng


Loteng

Hampir di seluruh area rumah, kalian bisa menemukan buku untuk dibaca sih. Daripada bengong, mending baca buku atau rebahan seharian di Casa Lembang 2. Untuk sarapan, kalian ga perlu khawatir karena Teh Ninit menyediakan sarapan yang bisa kalian buat sendiri di dapur, seperti sereal atau roti bakar. Teh dan kopi instan juga ada loh. Kalau kalian suka mie instan bisa juga sih masak sendiri. Asik banget deh makan mie instan rebus di Lembang apalagi pas cuacanya lagi dingin.

Sarapan
Sarapan di Casa Lembang 

Untuk essential amenities, kalian bisa menggunakan handuk, sabun, tisu, dan selimut yang disediakan di Casa Lembang. Khusus untuk selimut dan handuk, menurut saya cukup bersih dan wangi kok. Tapi kalau di masa pandemi gini, saya sarankan membawa handuk sendiri saja ya biar lebih aman.

Review Casa Lembang 2 

Photoshoot Casa Lembang

Pengalaman menginap di Casa Lembang 2 merupakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan untuk saya karena seperti yang saya bilang sebelumnya, saya sudah lama banget mau menginap di Casa Lembang. Sayang, saya akhirnya hanya menginap berdua saja dengan sepupu di Casa Lembang 2. Tadinya saya mengajak teman yang kebetulan lagi di Bandung untuk menginap bareng di Casa Lembang 2 tapi ga jadi karena dia ternyata ada urusan lain. Sayang sih kamarnya ga semua digunakan tapi gapapa yang penting kesampean menginap di Casa Lembang 2.

Untuk fasilitas di Casa Lembang 2,  menurut saya cukup lengkap ya. Saya juga bisa menikmati suasana menginap di Casa Lembang 2 dengan fasilitas yang ada minus wifi. Oh, AC juga tidak ada ya di Casa Lembang 2. Suhu di Lembang cukup sejuk sepanjang hari jadi okelah walaupun tanpa AC. Namun jika kalian berada di kamar loteng saat siang hari, kalian bisa memakai kipas angin.

Jika kalian menginap dengan keluarga berbeda gender di Casa Lembang 2, pastikan membagi kamar dengan benar ya. Seperti yang saya ceritakan di atas, kamar mandi di dalam kamar di Casa Lembang 2 dibuat transparan. Hanya ada 1 kamar mandi yang tertutup, itu pun terletak di lantai 1. 

Satu lagi, kalau mau menginap di Casa Lembang 2, pastikan tidak menginap sendiri ya. Biaya sewanya mahal kalau untuk sendiri saja. Kalian harus menginap minimal berdua lah bersama keluarga atau sahabat kalian. Untuk photoshoot, harganya sewanya setahu saya beda ya dengan Airbnb karena biasanya cuma beberapa jam saja.  Coba cek di Instagram Casa Lembang ya untuk info lebih lengkap. Kalau mau pesan di Airbnb bisa langsung cek di website Airbnb Casa Lembang 2

Setelah baca ulasan singkat saya dan lihat foto-foto Casa Lembang 2 yang Instagramable, kalian jadi mau nginep di Casa Lembang 2 ga nih? Atau kalian punya rekomendasi Airbnb Bandung yang nyaman seperti di Casa Lembang 2? Coba ditulis di kolom komentar ya kalau ada. Siapa tahu saya mau ke Bandung lagi kalau keadaan sudah aman ;) 

Kebun Tomat di Belakang Casa Lembang 2

You Might Also Like

30 comments

  1. Masya Allah indahnya. Hmmmm itu wc nya seketce itu yah kak, saat hmm pasti bnyak ide bermunculan. Banfung emanh kota kembang yang sangat indah dan menarik

    ReplyDelete
  2. Wah asyik nih utk liburan dg kelg ya.. etapi..saya masih belum 'sreg' dg konsep kamar mandi transparannya nih..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya kalau mau nginep harus 1 keluarga mbak. Klo mau kamar mandi tertutup ada juga sih tapi di lantai 1.

      Delete
  3. Aku seneng banget kak baca ulasan review hotel dan villa. Karena bisa jadi pertimbangan untuk nginep di sana apalagi kalau diulas lengkap begini, saran sekalian dikasih bisikan harganya kak supaya tau dan apakah sesuai budget kita. Aku termasuk yang sering liburan ke lembang soalnya. Lebih suka yang daerah berhawa sejuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk harga per malam sekitar 1 juta kak (termasuk cleaning dan service fee)

      Delete
  4. harganya di bisikin sekalian donk mba, soalnya tanggung gitu hahaha udha di review lengkap eh harganya ga ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk harga per malam sekitar 1 juta kak hehehe. Aku lupa tulis.

      Delete
  5. Cakep banget Casa Lembang ini, nginep 2-3 hari gak cukup menuruta saya karena banyak tempat yang mau dikunjungi plus rumahnya yg kece abis pasti betah semingguan di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya sih betah juga pasti. Duitnya mbak yang ga betah hehehe

      Delete
  6. mau banget kak. asyik banget menginap di sana yaa. serasa lagi di rumah sendiri. Kalau ke lembang, insyaAllah aku coba cari casa 2 biar enak tidurnya dan pepotoannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, asik banget. Semua sudut rumahnya instagramable bgt mbak :D

      Delete
  7. Waduh, kamar mandinya transparan ya? Agak ragu-ragu ngegunain model kamar mandi seperti itu. Tapi ruangan lainnya memang bagus dan keliatan nyaman ya..
    Asiknya bisa baca buku sambil lihat pemandangan yang asri di Lembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak asik banget kan baca buku sambil lihat pemandangan.

      Delete
  8. Wah rekomended nih mba, sayangnya ga ada harganya nih jadi bikin kepo. Suka ada temen dari luar kota nanya2 nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sudah jawab di atas ya mbak. Bisa juga cek langsung di website airbnb.

      Delete
  9. tempatnya keren yaa, cocok banget buat liburan bareng keluarga tercinta :). jadi penasaran dengan tarif per malamnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak untuk tempat istirahat saat liburan keluarga.

      Delete
  10. Wuih kece nih. Homy and cozy ya. Berasa di rumah sendiri. Tapinya lebih indah dari rumahku. Hehehehe. Harganya sekitar berapaan, Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pertanyaan yang sama jg di atas hehehe. Bisa dicek ya kak.

      Delete
  11. Lotengnya cakeeppp, pake genting kaca yang diapa-apain pasti terang benderang. Saya suka konsep lotengnya, ih. Jadi pingin bangun rumah dengan loteng minimalis seperti itu.

    Sarapannya mantab juga ya. Ada susu, roti, sereal sama selai. Itu kalai semua dihabisin boleh mbak? Hehe..

    Oya tarifnya brapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh banget mbak karena itu semua memang untuk kita hehehe. Ada beberapa yang aku bawa pulang malah. Utk tarif bisa cek bbrp komen di atas atau langsung cek website airbnb nya ya kak.

      Delete
  12. Saya belum pernah cobain booking dan nginap pakai airbnb. Kapan-kapan mau ah nginap di sini, cakep bener tempatnya. Keranjang sarapannya juga itu lho...sweet bener~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cozy banget mbak. Berasa rumah sendiri hehehe

      Delete
  13. Kamar loteng ini jadi mengingatkanku sama buku bule-bule zaman dulu yaa..
    Selalu punya rumah loteng buat merenung dan cari ide.
    Asiknyaa..Casa Lembang airbnb bersih dan lengkap sekali fasilitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener juga. Rumah2 bule sering banget pake loteng gitu ya.

      Delete
  14. wah keren banget, fasilitasnya komplit banget, dan kamar mandinya mewah bener :D asik banget buat nginep sekeluarga ke Casa Lembang kalo pas liburan dan pandemi bubar :)

    ReplyDelete
  15. Berasa room tour baca airbnb di casa lembang ini, minimalis banget yah ruangannya dan keliatan sangat nyaman, Note nih buat referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul memang temanya minimalis sih ya kelihatannya. Bisa jadi ide menata rumah sendiri ya mbak.

      Delete

Give Me Your Comment