Review K-Drama: Hospital Playlist (Season 1)

20:25:00



Source: hancinema.net


(슬기로운 의사생활)

Sutradara: Shin Won-Ho

Penulis: Lee Woo-Jung

Stasiun TV: tvN

Jumlah Episode: 12

Tanggal Rilis: 12 Maret - 28 May 2020

Genre: Drama, Komedi Romantis, Drama Medis, Penggalan Kehidupan


Hospital Playlist menyapa saya ketika saya sedang bosan-bosannya ‘dikurung’ di rumah karena kelakuan Virus Corona. Tidak perlu waktu lama untuk jatuh cinta dengan Hospital Playlist. Sejak tahun 2016, saya sudah sering bolak-balik rumah sakit untuk menemani ibu saya berobat. Mungkin hal ini yang membuat saya tertarik dengan Hospital Playlist. Saya jadi ingat dokter, perawat, pasien, dan orang lain yang saya temui di rumah sakit waktu nonton drama ini.

Plot

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Hospital Playlist menyuguhkan cerita lima orang dokter yang bersahabat sejak kuliah pada tahun 1999. Mereka mengambil spesialisasi yang berbeda-beda namun akhirnya bekerja di satu rumah sakit yang sama, yaitu Yulje Medical Centre. Di tengah kesibukan mereka menjadi dokter, mereka melepas penat dengan ngeband dan makan bareng. 

Cast

Mari kita berkenalan dengan 5 pemeran utama di Hospital Playlist.

Jeon Mi-do (Chae Song-Hwa)

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Satu-satunya wanita yang tergabung dalam geng dokter angkatan ‘99. Dia merupakan dokter spesialis bedah syaraf yang tegas, baik hati, suka makan, dan jomblo. Dia panutan para juniornya karena dia selalu datang tepat waktu dan mau diganggu kapan pun ada panggilan dari rumah sakit.

Cho Jung-Seok (Lee Ik-Jun)

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Dokter spesialis bedah hepatobilier dan pankreas yang supel sama senior bahkan juniornya. Dia satu-satunya anggota geng yang sudah menikah dan mempunyai seorang anak yang menggemaskan, bernama U-ju. Dibalik kesempurnaannya, dia mempunyai kisah cinta tidak sempurna.

Kim Dae-myung (Yang Seok-Hyeong)


Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Dokter yang paling introvert namun perhatian dan lembut. Dia merupakan seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau sering disebut dokter kandungan. Dia pernah menikah tapi cuma seumur jagung. 

Jung Kyoung-Ho (Kim Jun-Wan)

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Dia merupakan dokter spesialis bedah kardiotoraks yang dikenal tegas. Kalau di kampus mungkin termasuk golongan dosen killer kali ya…. Dia paling ga bisa basa-basi kalau memberikan penjelasan kepada keluarga pasien. Dia temen mukbangnya Song-Hwa dan sering berantem sama Ik-Jun. Diam-diam dia pacaran sama adiknya Ikjun.

Yoo Yeon-Seok (Ahn Jeong-Won)

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net

Dokter bedah anak yang paling religius. Teman segengnya mengira dia kikir. Padahal mah dia hatinya kek malaikat udah gitu ganteng pula kan. Di umurnya yang menginjak kepala empat, dia masih jomblo. 

Selain geng 99, banyak pemeran pendukung dalam drama Hospital Playlist, seperti dokter senior, keluarga geng 99, pasien, suster, dll. Kalau pernah nonton Reply Series dan Prison Playbook, kalian akan melihat beberapa wajah aktor yang familiar di Hospital Playlist.

Review

Saya sudah beberapa kali menonton drama medis namun menurut saya drama ini paling ringan untuk ditonton dan ga bikin sakit kepala. Drama ini menggambarkan kehidupan sehari-hari para dokter di rumah sakit. Dimulai dari menangani berbagai macam pasien dengan kelakuan mereka yang ‘ajaib’ sampai kisah pertemanan dan percintaan sesama dokter. Konflik yang disajikan tidak sama dengan drama medis pada umumnya. Tidak ada konflik perebutan kekuasaan di rumah sakit atau dokter yang super jenius dan dibenci oleh dokter lain. Adanya dokter yang ngeselin. 

Hospital Playlist menunjukkan kehidupan para dokter dan pekerja medis lainnya dari sudut pandang yang berbeda. Kita akan melihat bagaimana dokter berinteraksi dengan pasien saat melakukan perawatan rawat jalan dan rawat inap. Selain itu, kita juga akan menyaksikan juga hubungan antar dokter, seperti dokter senior membimbing dokter residen, dokter residen mengajari mahasiswa kedokteran, dll. Pokoknya nonton Hospital Playlist tuh berasa lagi duduk di rumah sakit dan melihat pekerja medis lewat di depan kita. Seandainya, dokter-dokter di Hospital Playlist ini nyata adanya… 

Secara visual, sinematografi drama Hospital Playlist ini tidak main-main. Selain karena bekerja sama dengan Netflix, produksi drama arahan Shin Wo PD memang tidak pernah mengecewakan. Pengambilan gambarnya ga cuma zoom in atau out kek sinetron Indonesia doang. Setelah nonton proses dibalik layar Hospital Playlist, saya jadi tahu dalam 1 adegan ada beberapa shot yang diambil, misal close up shot si aktor dulu baru setelah itu full up shot. Selain itu, ada juga adegan yang menggunakan CGI, salah satunya saat Yang Seok-Hyeong nonton reality show Korea di handphonenya sambil ketawa cekikikan padahal mah layar handphone itu aslinya kosong. Hebat sih! 

Rasanya ga cukup 1 postingan ini menceritakan bagaimana kerennya Hospital Playlist. Pengemasan cerita sangat rapi. Kualitas akting pemeran utama dan pendukung oke punya. Sinematografi nya cakep. Set drama dan propertinya terlihat realistis. Dan yang paling saya suka, OST nya itu loh, mewakili perasaan penonton di setiap episode.

Drama ini akan ada dalam beberapa season. Jadi, harap maklum kalau alurnya terasa sedikit lambat. Nah, season 2 nya baru aja tayang beberapa hari lalu di Netflix. Pas banget nih buat menemani kalian di rumah aja saat kasus Covid-19 kembali tinggi di Indonesia. Kalau sudah selesai, saya akan buat lagi review Hospital Playlist season 2.

Buat yang udah nonton Hospital Playlist season 1. Coba ceritain dong siapa dokter favorit kalian di Hospital Playlist season 1? Kalau saya sih, pasti dokter ganteng Ahn Jeong-Won.  

Hospital Playlist Season 1
Source: hancinema.net




You Might Also Like

22 comments

  1. Dokter favoritku Lee Ik-jun! Soalnya konyol banget XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka :) Kelakuannya kek bocah >.<

      Delete
  2. Ahaa, banyak yang review drama Hospital Playlist ini, suka banget bacanya dan ceritanya pun relate dengan kehidupan sehari hari, menggambarkan kehidupan para dokter di rumah sakit.
    Seru pisan yaa mulai dari menangani berbagai macam pasien dengan kelakuan mereka yang ajaib hahhaa, sampai kisah pertemanan dan percintaan sesama dokter. Ku kepo sama kisah cintanyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun kepo mbak. Gimana perjalanan kisah cinta semua karakternya.

      Delete
  3. ik Jun kesayangan akuuu
    semoga Song Hwa dapat hidayah dan bisa menerima cintanya Ik Jun
    Jadi mamahnya Uju, bakal cetharr banget dah

    Aakk, sukaaa sekaliii dgn Hospital Playlist :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. penasaran ya sama akhir cinta mereka seperti apa

      Delete
  4. kslsu backgroundnya RS seperti ini pasti banyak cerita dan kisah yang related banget dengan kita ya mba, apalagi di masa COVID-19 seperti sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Jadi inget nakes2 yang lagi berjuang merawat pasien di masa pandemi ini ya

      Delete
  5. aku belum nonton drakor ini :( kayaknya bagus yaa dan perlu banget diliat. banyak yang udah ngasih ulasan positif gitu. kalau baca sinopsisnya kayaknya juga ngga cuma menyentuh buat para dokter atau orang2 yg kerja di RS aja yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak. Kita juga bisa relate kok sebagai orang biasa

      Delete
  6. Aku nonton drakor ini belum selesai. Kayaknya baru episode kelima, mba. Harus nonton segera biar lanjut yang kedua 😃

    ReplyDelete
  7. Orang lagi rame nonton Hospital Playlist 2. Aku malah belum nonton yang pertama. Ketinggalan banget. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. binge watching season 1 dulu mbak. Cuma 12 episode kok :)

      Delete
  8. Selalu suka lihat Yoo Yeon-Seok aka Ahn Jeong-Won saat dia berinteraksi dengan anak-anak. Karakternya itu lho jadi menggemaskan gitu dan terlihat banget penyayang anak.

    Kebetulan ngikutin Kdrama yang satu ini dan memang jalan ceritanya oke. Banyak pelajaran juga lho tentang hidup yang diselipin di dalam Kdrama ini

    ReplyDelete
  9. Yoo Yeon Seeook oppaaa, tentuuu...
    Dia yang paling lembut sama anak-anak. Senyumannya juga bikin hati penonton hangat.
    Andreaaaa ssi...semoga langgeng sama Winter Couple.
    Hwaitiing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu mbakkkk. Yes, semoga langgeng ya mereka berdua mbak.

      Delete
  10. Salah satu drakor favorit saya ini. Udah nonton sampai 3 kali hahaa. Udah gak sabar juga mau nonton season 2-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau aku spoiler season 2 nya ga mbak? hihihi

      Delete
  11. aku nonton drakor medis, yang dari awal sampai tamat cuma nonton si yongpal. entah kenapa, suka aja sama alur ceritanya, mendebarkan hihihi pas nonton waktu masih tinggal di malaysia, nonton barengan sama anak-anak juga masih aman. eh belakangn ditayangkan lagi di TVN, tivi kabel. masih seru .

    kalau yang hospital playlist gak bener bener ngikutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah baru tau ada drama yongpal. Mbak harus nonton hospital playlist juga lah kalau begitu hehehe

      Delete

Give Me Your Comment