Review K-Drama: Mad for Each Other

11:40:00

Review Mad for Each Other

 (Yi Guyeokui Michin X)

Sutradara: Lee Tae-Gon

Penulis: Kim Hye-Jung (novel), Yoo Song-Yi

Stasiun TV: Kakao TV

Jumlah Episode: 13

Tanggal Rilis: 24 Mei 2021

Genre: Komedi, Komedi Romantis, Romantis


Berhubung Hospital Playlist Season 2 tayangnya seminggu sekali. Saya butuh ‘pelarian’ supaya ga kangen sama dokter2 jenius dan jenaka di Hospital Playlist. Setelang scrolling Netflix, saya pun melihat Mad for Each Other dan langsung tertarik. Lebih tepatnya, judul drama nya yang unik membuat saya penasaran dengan drama ini.

Plot

No Hwi-oh, seorang polisi yang menjadi 'gila'. Dia kesulitan mengontrol kemarahannya dan terpaksa berhenti bekerja sementara waktu. Selama ‘menganggur’, dia bertemu dengan psikiater setiap minggu supaya dia bisa kembali bekerja. 

Suatu hari, dia bertemu dengan seorang wanita bernama Lee Min-Kyung, yang juga 'gila'. Dulunya dia wanita karir yang cukup sukses. Namun, sebuah peristiwa membuat Min-Kyung menjadi wanita delusional. Dia selalu curiga dengan orang di sekitarnya dan ketakutan setiap kali keluar rumah. Sampai suatu hari, dia bertemu dengan Hwi-Oh dan menjadi pemicu kemarahannya. 

Cast

Drama Mad for Each Other mempunyai 2 pemeran utama, yaitu: 

Jung Woo (No Hwi-oh)

Review Mad for Each Other

Buat kalian yang pernah nonton Reply 1994, pasti familiar dengan wajah Jung Woo. Dalam drama Mad for Each Other, Jung Woo berperan sebagai No Hwi-oh, seorang polisi teladan namun memiliki kesulitan dalam mengontrol emosinya. Kalau dia sudah marah, hancurlah semua.

Oh Yeon-Seo (Lee Min-Kyung)
Review Mad for Each Other

Secara ga sengaja, No Hwi-oh bertemu dengan Lee Min-Kyung (diperankan oleh Oh Yeon-Seo). Min-Kyung mengalami gangguan mental dan konsultasi dengan psikiater yang sama dengan Hwi-oh. Lucunya lagi ternyata mereka juga tetanggaan. 

Selain 2 pemeran utama di atas. Ada pula pemeran pendukung yang tinggal di satu lingkungan apartemen dengan mereka.

Lee Su-Hyun (Su-Hyun)

Review Mad for Each Other

Seorang pekerja paruh waktu yang belajar mati-matian untuk masuk kepolisian. Tapi sayang, otaknya ga sanggup buat jawab pertanyaan tes kepolisian walaupun dia sudah rajin belajar.

Ann Woo-Yeon (Lee Sang-Yeob/Samantha)

Review Mad for Each Other
Review Mad for Each Other

Siang jadi Lee Sang-Yeob, malem berubah jadi Samantha. Begitulah kira-kira deskripsi singkat dari Sang-Yeob. Dia mempunyai keahlian dalam bidang IT (Information Technology) dan juga tertarik dengan make-up

Review Mad for Each Other

Ada juga nih, geng Ajumma yang selalu jadi hiburan tersendiri buat penonton. Kelakuannya bener-bener dah seperti emak-emak di Indo,  dan kadang ga bisa mengendalikan jari tiap buka sosmed. Ada aja dah yang dikomentari. Walaupun begitu, geng Ajumma selalu siap maju tiap kali ada masalah yang menimpa penghuni apartemen.

Review

Review Mad for Each Other


Belakangan makin banyak deh drama Korea yang mengangkat isu kesehatan mental, sebut saja yang terakhir It’s Okay to Not Be Okay. Banyak penulis drama Korea mulai menunjukkan keresahan mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan mental melalui drama, termasuk Mad for Each Other. Dua karakter utama Mad for Each Other  (Jung Woo dan Yeon-Seo) bukan aktor yang visualnya dipuja seperti Song Joong-Ki. Namun, akting dan chemistry mereka oke banget memerankan dua orang yang memiliki gangguan mental pasca trauma. Penonton ikut merasakan emosi yang ingin disampaikan oleh kedua karakter utama. Perkembangan dua karakter utama juga berjalan sangat pas dan ga lebay. Romansa di antara mereka berdua juga ga cringe. Pernyataan cintanya aja ga biasa. Komedi hasil interaksi kedua karakter utama dengan karakter pendukung lainnya juga diluar ekspektasi. 

Selain isu kesehatan mental, drama ini juga mengangkat isu sosial lainnya dari kehidupan karakter pendukung. Isu ini mungkin akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Su-Hyun, diperankan oleh Lee Su-Hyun, pekerja paruh waktu yang memaksakan diri untuk mengikuti tes masuk kepolisian. Padahal dia mempunyai bakat terpendam yang tidak pernah dia tunjukkan ke dunia. Dia ikut tes karena kemauan orang tuanya saja. Banyak anak muda seperti ini juga kan di sekitar kita? Atau bisa jadi kita salah satunya. Mati-matian mengejar yang tidak kita suka demi memenuhi keinginan orang tua. Ada juga Lee Sang-Yeob (diperankan oleh An Woo-Yeon) seorang pria normal tapi suka berdandan dan memakai baju perempuan. Orang yang bertemu dengan Sang-Yeob tidak jarang melihatnya dengan tatapan menghakimi. Kita juga mungkin pernah melihat Sang-Yeob di sekitar kita dengan tatapan aneh. Tidak lupa Ajumma pengurus asosiasi di lingkungan apartemen, yang kerap ikut campur urusan penghuni apartemen. Kurang lebih mirip sama ibu-ibu di lingkungan RT  kita lah ya. Mereka menggambarkan bagaimana sering kepo sama urusan pribadi orang dan asal menyebar informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya lewat sosial media.

Seluruh akting pemeran pendukung yang disebutkan di atas membuat drama Mad for Each Other lebih berwarna. Mereka ikut andil dalam perubahan karakter utama yang awalnya anti sosial jadi bisa bergaul dengan sesama penghuni apartemen. 

Secara keseluruhan Mad for Each Other merupakan salah satu drama terbaik (menurut saya) di Netflix tahun 2021 ini. Alur cerita drama Mad for Each Other sungguh ringan untuk dinikmati sambil ngopi dan makan donat. Konfliknya tidak berkepanjangan karena cuma 13 episode saja. Ga banyak tarik ulur di sini. Per episode tayangnya cuma 30-45 menit. Kalau mau binge watching, kurang lebih 2 hari lah ya. Ga bakal bikin kalian begadang begadang juga.

Pokoknya ga rugi deh nonton Mad for Each Other. Akting semua pemainnya oke, termasuk Lee Su-Hyun yang (setahu saya) baru 2 kali tampil di drama. Ceritanya sederhana tapi mengena di hati. Seakan mengingatkan penonton tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan menjauhi toxic relationship. Peran orang tua juga tidak kalah penting untung mendukung anak mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan mental. Sinematografi nya ga macem-macem tapi bisa menyuguhkan adegan hujan yang hangat dan juga interaksi penghuni apartemen secara keseluruhan. 

Sekian dulu review K-drama hari ini.

Gimana sudah tertarik untuk nonton belum? 

Buat temen-temen yang sudah nonton. Suka ga sama endingnya? ☺

8/10

Sumber foto: https://www.hancinema.net

You Might Also Like

2 comments

  1. Wahhh mayan nih rekomendasi buat weekend depan, dari kemarin nonton misteri terus kayanya ganti jadi K drama oke juga hihi

    ReplyDelete

Give Me Your Comment