12 Februari 2022

21:11:00

My Aquarius Mom :)

Mama saya berulang tahun tanggal 12 Februari 2022 kemarin. Namun, tepat di pagi hari itu saya menerima kabar bahwa ibu salah satu teman baik saya telah berpulang. Dua hal yang sangat bertolak belakang terjadi dalam satu hari yang sama. Begitulah hidup.

Seperti yang kita sering dengar berulang-ulang. Kita tidak pernah tahu kapan kita dan orang yang kita sayangi dipanggil kembali oleh Tuhan. Saya pernah merasakan kehilangan papa di tahun 2008. Semuanya terjadi sangat cepat. Begitu pun dengan kepergian ibu teman baik saya. Dia tidak pernah menyangka bahwa ibunya yang selalu terlihat sehat ternyata harus kembali ke pangkuan Ilahi secepat itu. Dia begitu terpukul dan mungkin bingung bagaimana dia harus melanjutkan hidup tanpa seorang ibu. Dia terbiasa dengan kehadirannya. Lalu bagaimana esok dia harus membiasakan diri tanpa ibu di rumahnya.

Sebagai anak yang pernah kehilangan orang tua, saya paham betul rasanya ditinggal untuk selamanya. Saya tidak dapat lagi mendengar suara papa memanggil nama saya. Saya tidak dapat lagi memijat bahu atau kakinya kalau dia sedang pegal-pegal. Saya juga tidak bisa menemaninya lagi jalan-jalan.

Kini saya hanya mempunyai satu orang tua, yaitu mama. Saya jadi lebih menghargai setiap waktu bersamanya. Walaupun saya seringkali berbeda pendapat dengan beliau, saya kini lebih memilih diam daripada harus melawan dengan argumentasi lain. Saya tahu hal-hal kecil seperti itu yang nantinya akan dirindukan saat beliau pulang. 

Usia mama saya tidak lagi muda namun jauh lebih tua daripada usia ibu teman baik saya. Berita duka dan hari ulang tahun mama hari ini menyadarkan saya bahwa saya masih kesempatan untuk menghabiskan sebanyak mungkin waktu bersama dengan beliau. Saya pun masih harus mempersiapkan hati kapan pun dia akan pergi. Rasanya ingin saya mengatur Tuhan. Tapi sungguh berdosa saya jika melakukannya. 

Sekarang yang bisa saya lakukan hanya berdoa untuk mama agar dia selalu sehat dan menemukan Tuhan sebagai kebahagiaannya.

Tebak Saya yang Mana? :p

Sudahkah kalian menghabiskan waktu hari ini bersama orang tua kalian dan mendoakan kesehatan mereka? 

Jika kalian tidak serumah lagi dengan mereka, tanyakan kabar mereka. Orang tua senang sekali dengan perhatian kecil yang kita berikan untuk mereka. 

You Might Also Like

0 comments

Give Me Your Comment