MAKANAN KHAS PENANG YANG WAJIB DI COBA

22:22:00

Hari Jumat yang lalu saya ikut English Club. “Makanan” menjadi topik utama obrolan malam itu. Saya bercerita tentang makanan yang menyimpan kenangan khusus untuk lidah saya. Beberapa di antaranya adalah makanan yang saya coba saat berada di Penang, Malaysia. Dari banyak makanan yang saya coba, 5 makanan ini adalah makanan wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke Penang! 

Roti Canai Jelutong


1. Char Kway Teow

Char Kway Teow
Char Kway Teow

Sekilas mungkin kamu berpikir bahwa makanan ini sama saja dengan kwetiau yang ada di Indonesia. Nyatanya tidak! Char dalam Bahasa Hokkien berarti digoreng (dengan api besar dan tidak banyak minyak).  Proses memasak Char Kway Teow dan bumbunya berbeda sekali dengan tukang nasi goreng di Indonesia. Char Kway Teow di Penang dimasak menggunakan arang. Hal ini yang membuat rasa Kway Teow di Penang lebih smokey. Penjual Kway Teow juga tidak memasukkan garam untuk masakan mereka karena mereka biasanya menambahkan kecap asin. Ciri khas lain dari Char Kway Teow di Penang adalah tauge dan udang. Duo ini wajib ada di dalam Char Kway Teow. Kalau nggak mencoba Char Kway Teow di Penang, rasanya ya kamu nggak benar pergi ke Penang. 

Perlu diingat kalau tidak semua Char Kway Teow di Penang halal ya. Pastikan kamu menanyakan ke penjual apakah mereka menambahkan minyak babi ke masakan mereka atau tidak.

2. Penang Asam Laksa

Penang Asam Laksa
Penang Asam Laksa Air Itam

Sejujurnya saat pertama kali mengunjungi Penang, saya tidak sengaja mencoba makanan Penang Asam Laksa. Saat itu saya sedang berkeliling George Town, pusat wisata di Penang, dan ponsel saya mati. Saya pun mencari restoran terdekat untuk makan sekalian mengisi daya ponsel.

Nggak sengaja saya menemukan sebuah restoran yang menjual Penang Asam Laksa. Saya pun tanpa ragu memesan. 

Saat mencoba Asam Laksa untuk pertama kali, lidah saya senang rasanya karena berbagai rasa ada di dalam satu mangkuk. Saya bisa merasakan asam, segar, dan gurih bercampur jadi satu. Rasa gurih berasal dari kuah kaldu ikan. Untuk menetralkan amis dari ikan, daun mint dicampurkan di dalamnya. Saya juga suka sekali tekstur mie laksanya, tebal seperti udon.

Tahun 2019, saya mencoba lagi Penang Asam Laksa. Kali ini tempatnya authentic dan sering dikunjungi turis. Penjualnya sudah tua tapi masih semangat melayani pembeli yang berdatangan. Harga semangkuk Asam Laksanya pun terjangkau, kalau dirupiahkan sekitar Rp. 20.000. Rasanya lebih nikmat dari laksa yang sebelumnya saya coba di George Town. Lebih meriah di lidah.

3. Fried Oyster Omelette

Oyster Omelette

Makanan ini juga wajib kamu coba kalau ke Penang. Ini merupakan salah satu street food terenak di Penang. Paling enak menurut saya ada di New Lane Hawker Street. Bahan utama untuk membuat oyster omelette hanya 2 saja, yaitu, oyster dan telur. Dua bahan itu lalu dicampur bumbu lainnya sehingga terciptalah oyster omelette. Omelette premium saya menyebutnya.

4. Roti Canai

Roti Canai
Roti Canai Jelutong

Masyarakat Penang terdiri dari beragam suku bangsa. India menjadi salah satunya. Nggak heran kalau kamu bisa menemukan beberapa makanan khas India di Penang, termasuk Roti Canai.

Penjual Roti Canai biasanya buka pada sore hari. Saya biasanya beli di Jelutong, tidak jauh dari rumah sakit tempat ibu saya biasa berobat. Makanan ini menjadi cemilan wajib untuk keluarga saya ketika berkunjung ke Penang. Roti Canai yang lembut biasanya dicocol dengan saus kari dan irisan bawang merah. Ehm, jadi lapar.

5. Nasi Kandar

Nasi Kandar
Nasi Kandar

Mungkin orang Indonesia menganggap Nasi Kandar sama dengan Nasi Padang. Tapi ternyata berbeda. Nasi Kandar biasa dijual oleh orang India yang beragama muslim. Bahan dasarnya kuah kari. Lauknya juga bermacam-macan, seperti ikan, ayam, dan telur. Nasi Kandar biasanya dikukus sampai wangi.

Saya pernah mencoba nasi kandar paling ramai di Penang. Rasa karinya ga terlalu menyengat. Ayamnya gede banget dan lembut. Sambalnya ga terlalu pedas. Yang paling penting porsinya besar. Pas banget buat simpanan energi selama keliling George Town, Penang.

Nah, makanan nomor berapa yang kamu mau coba kalau sudah bisa liburan ke Penang, Malaysia? 1,2,3,4, atau 5? Coba tulis di kolom komentar ya. 

Kalau kamu pernah ke Penang dan mencoba selain 5 makanan di atas, boleh cerita-cerita juga loh di kolom komentar.

Ikutin blog aku terus ya untuk baca ceritaku.


You Might Also Like

0 comments

Give Me Your Comment